Daftar 28 Gerbang Tol Jakarta yang Kena Ganjil Genap

Penindakan pelanggar di kawasan perluasan ganjil-genap Jakarta
Penindakan pelanggar di kawasan perluasan ganjil-genap Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Pemerintah provinsi DKI Jakarta kembali menerapkan sistem pengendalian lalu lintas berbasis pelat nomor, usai libur lebaran. Ada 13 titik yang dibatasi jumlah kendaraan bermotornya, sesuai dengan angka ganjil genap.

Rencananya jumlah titik tersebut akan ditambah, menjadi 26 wilayah yang tersebar di seluruh area Ibu Kota. Dampaknya, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang menuju maupun keluar dari jalan tol juga menjadi terbatas jumlahnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan bahwa kendaraan roda empat atau lebih yang hendak masuk atau keluar gerbang tol, tetapi melintasi ruas jalan ganjil genap akan dikenakan tindakan.

“Pelaksanaan di jalan koridor perluasan ganjil genap itu di dalam on-off ramp tol, tidak lagi diberi pengecualian,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari laman NTMC Polri, Sabtu 28 Mei 2022.

Pembatasan kendaraan bermotor ganjil genap di Jakarta.

Pembatasan kendaraan bermotor ganjil genap di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

Terkait sanksi yang bakal diberikan kepada pengemudi kendaraan yang melanggar aturan itu, sudah tertuang dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Jalan Nomor 22 tahun 2009 pasal 287 ayat pertama, yakni kurunan paling lama dua bulan atau denda maksimal Rp500 ribu.

Berikut daftar 28 gerbang tol yang masuk ke dalam zona ganjil genap: