Mobil Jenis Ini Mulai Digandrungi di Indonesia

Mobil konsep Honda SUV RS dipajang di GIIAS 2021.
Mobil konsep Honda SUV RS dipajang di GIIAS 2021.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Beberapa tahun lalu, mobil yang paling diminati di Indonesia adalah Multi Purpose Vehicle atau MPV. Desain menarik, kabin luas dan bisa dipakai untuk berbagai keperluan, menjadi beberapa daya tariknya.

Selama bertahun-tahun, mobil jenis tersebut mendominasi angka penjualan kendaraan bermotor roda empat di Tanah Air dengan pangsa pasar lebih dari 20 persen. Namun, kini hal itu sudah berubah.

Kendaraan yang mulai mengambil pangsa pasar MPV di Indonesia, yakni Sport Utility Vehicle alias SUV. Apa yang ditawarkan tidak jauh berbeda, seperti interior lapang dan dapat digunakan untuk beragam aktivitas.

Tampilan SUV lebih gagah, fitur yang disematkan juga canggih seperti sistem pengereman otomatis dan pencegah mobil keluar lajur.

All New Honda BR-V

All New Honda BR-V

Photo :
  • Tangkapan layar

Satu minus yang didapatkan, yakni kenyamanan sedikit berkurang karena suspensi dirancang untuk penggunaan di segala medan jalan.

Meski demikian, hal itu tidak membuat orang Indonesia ragu untuk memiliki kendaraan tersebut. Seiring dengan naiknya pasar, pabrikan otomotif juga menghadirkan model terbaru mereka di kelas itu.