Mobil Jenis Ini Mulai Digandrungi di Indonesia

Mobil konsep Honda SUV RS dipajang di GIIAS 2021.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Beberapa tahun lalu, mobil yang paling diminati di Indonesia adalah Multi Purpose Vehicle atau MPV. Desain menarik, kabin luas dan bisa dipakai untuk berbagai keperluan, menjadi beberapa daya tariknya.

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Selama bertahun-tahun, mobil jenis tersebut mendominasi angka penjualan kendaraan bermotor roda empat di Tanah Air dengan pangsa pasar lebih dari 20 persen. Namun, kini hal itu sudah berubah.

Kendaraan yang mulai mengambil pangsa pasar MPV di Indonesia, yakni Sport Utility Vehicle alias SUV. Apa yang ditawarkan tidak jauh berbeda, seperti interior lapang dan dapat digunakan untuk beragam aktivitas.

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Tampilan SUV lebih gagah, fitur yang disematkan juga canggih seperti sistem pengereman otomatis dan pencegah mobil keluar lajur.

All New Honda BR-V

Photo :
  • Tangkapan layar
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 20 April 2024

Satu minus yang didapatkan, yakni kenyamanan sedikit berkurang karena suspensi dirancang untuk penggunaan di segala medan jalan.

Meski demikian, hal itu tidak membuat orang Indonesia ragu untuk memiliki kendaraan tersebut. Seiring dengan naiknya pasar, pabrikan otomotif juga menghadirkan model terbaru mereka di kelas itu.

“Pasar Low SUV naik jadi 13-14 persen, tapi masih lebih besar Low MPV di 15-16 persen,” ujar Business Innovation and Sales merangkap Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy belum lama ini, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 28 Mei 2022.

Billy menuturkan, ada satu jenis kendaraan yang saat ini memang pangsa pasarnya belum besar namun mulai meningkat. Model yang ia maksud, yakni Small SUV.

“Small SUV pemainnya baru, pasarnya baru 3-4 persen. Small suv kalau ditambah Low SUV, akan lebih tinggi dari Low MPV,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya