Mobil Semi Otonom Ini Bisa Dibeli di Indonesia

Wuling Almaz RS
Sumber :
  • Dok: Wuling Motors

VIVA – Selain berupaya mengurangi pemakaian bahan bakar dan menggantikannya dengan energi yang lebih ramah lingkungan, pabrikan otomotif saat ini juga sedang gencar mengembangkan teknologi semi otonom.

Tak Cuma Ngamuk, Wanita Viral Ini Lakukan Pelecehan Verbal saat Mobilnya Digembok Dishub

Dengan dibekali oleh kemampuan tersebut, maka mobil bisa melaju aman dengan hanya sedikit upaya dari pengemudi. Teknologi ini sangat bermanfaat, misalnya di tengah kemacetan di mana panjangnya antrean bisa membuat mereka menjadi mudah letih.

Salah satu produk kendaraan yang sudah dibekali dengan teknologi otonom dan resmi dipasarkan di Indonesia, yakni Wuling Almaz RS. Mobil yang masuk ke dalam kategori Sport Utility Vehicle atau SUV ini, disematkan kemampuan Wuling Interconnected Smart Ecosystem.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

"WISE merupakan perpaduan dari dua inovasi yakni Internet of Vehicle atau IoV dan Advanced Driver Assistance System atau ADAS, yang dikembangkan untuk menambah kenyamanan dan keselamatan pengguna, ujar Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko, melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Selasa 31 Mei 2022.

Panel instrumen Wuling Almaz RS

Photo :
  • Dok: Wuling Motors
Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Brand and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani mengatakan bahwa adanya WISE membuat Almaz RS juga cocok untuk digunakan oleh kaum perempuan, terutama yang suka mengemudi sendiri. Salah satu wujud langkah inovatif Wuling diwujudkan di lini produk Almaz RS, SUV pintar dengan WISE yang fungsinya membantu para wanita dalam berkendara sehari-hari, tuturnya.

WISE adalah payung dari dua inovasi, yakni Advanced Driver Assistant System dan Internet of Vehicle. ADAS berfungsi memberikan bantuan kepada pengemudi dan terdiri dari empat kategori, yakni Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance and Braking Assistance, serta Automatic light.

Sementara itu, IoV berfungsi menghubungkan pengguna Almaz RS dengan kendaraannya melalui koneksi internet, dan dapat diakses lewat aplikasi MyWuling+ serta head unit yang juga didukung dengan perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command atau WIND.

Wuling Almaz RS di IIMS 2022

Photo :
  • Dok: Wuling Motors

Salah satu kemampuan dari Almaz RS yang disematkan teknologi ADAS adalah Traffic Jam Assistance atau TJA yang memungkinkan komputer untuk mengatur jarak dengan kendaraan lain di depan saat berada di kemacetan. TJA bisa berfungsi, meski kecepatan mobil nol kilometer per jam atau berhenti saat menunggu giliran maju.

Sebagai informasi, saat ini Wuling Almaz RS ditawarkan dengan harga Rp369 jutaan on the road DKI Jakarta untuk varian 1.5T EX lima penumpang, Rp381 jutaan untuk 1.5T EX tujuh penumpang dan Rp401 jutaan untuk 1.5T Pro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya