Mobil Penumpang Ini Sama Kencangnya dengan Formula E

Mobil safety car Formula E
Sumber :
  • Dok: FIA Formula E

VIVA – Ajang Formula E resmi digelar hari ini di Jakarta, para pembalap sejak pagi sudah bersiap untuk bisa menempati posisi terdepan saat balapan dimulai nanti siang.

Sedan Baru 5,3 Meter Ini Fiturnya Mewah Banget

Acara diadakan di Sirkuit Internasional e-prix, yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara. Lintasan ini mendapatkan sertifikasi sirkuit kelas 3, dari Federation Internationale de l'Automobile atau FIA satu hari sebelum balapan digelar.

Total ada 11 tim yang bakal berlaga, masing-masing memiliki dua pembalap. Mereka menggunakan mobil rancangan Spark SRT05e, yakni kendaraan balap generasi kedua yang didesain khusus untuk balapan Formula E.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 28 April 2024

Kemampuan dari jet darat itu yakni akselerasi dari nol ke 100 kilometer per jam dalam waktu 2,8 detik, dan kecepatan maksimumnya 280 km per jam.

Pertandingan akan dikawal oleh safety car, yang pada tahun ini diganti merek dan jenisnya. Dilansir VIVA Otomotif dari laman resmi Fiaformulae, Sabtu 4 Juni 2022, kendaraan yang dimaksud adalah mobil listrik Porsche Taycan Turbo S.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Model ini pertama kali dipasarkan secara global pada 2019, dan dibekali dua motor listrik dengan total kemampuan 760 daya kuda. Akselerasinya sama seperti mobil Formula E yang digunakan para pembalap, yakni 2,8 detik ke kecepatan 100 km per jam.

Mobil safety car Formula E

Photo :
  • Dok: FIA Formula E

Dalam kondisi standar, Porsche Tacyan yang hadir dalam beberapa tipe dibekali baterai berdaya 79 kilo Watt hours, sehingga bisa dipakai untuk menempuh jarak maksimum 330 km.

Sesuai dengan standar safety car, mobil ini dibekali lampu rotator di bagian atas serta sistem Marelli Logger System. Sang pengemudi, Bruno Correia bisa mengakses alat komunikasi canggih agar bisa memberi arahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya