Ada BMW Kasta Tertinggi di Garasi Muhammad Lutfi

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi.
Sumber :
  • Instagram @mendaglutfi

VIVA – Presiden Jokowi mencopot Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dan menggantikannya dengan Zulkifli Hasan, Rabu 15 Juni 2022. Sejak dipecat jadi pembantu presiden, nama pengusaha itu menjadi sorotan.

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Melansir Kemendag.go.id, Muhammad Lutfi merupakan lulusan Universitas West Lafayette, Indiana Amerika Serikat juruan ekonomi. Pengusaha kelahiran 1969 itu menjadi salah satu pendiri Mahaka Group bersama Menteri BUMN, Erick Thohir.

BMW X7

Photo :
  • VIVA/Maryadie
Peringati Hari Konsumen Nasional, Mendag Zulhas: Pengusaha Curang Membunuh Usahanya Sendiri

Kemudian pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dia menjabat sebagai Menteri Perdagangan, dan sebelumnya saat berusia 36 tahun pernah menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) termuda.

Meski sudah memiliki banyak pengalaman, namun saat menjadi Mendag ada beberapa rapor merah salah satunya terkait harga minyak goreng.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Sebelum diberhentikan menjadi pembantu presiden, Muhammad Lutfi diketahui memboyong mobil baru dengan harga fantastis. Seperti yang terlihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Maret 2022.

Dikutip Viva Otomotif, Kamis 16 Juni 2022 dari data tersebut, harta kekayaannya di tahun ini menjadi Rp235,519 miliar, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Dari angka tersebut, tanah dan bangunan jadi penyumbang terbesar senilai Rp94,978 miliar.

Harta bergerak lainnya Rp29,100 miliar, surat berharga Rp59,470 miliar, kas dan setara kas Rp16,629 miliar, dan harta lainnya Rp65,046 miliar. Sementara harta berjalan, atau koleksi kendaraannya hanya Rp3,260 miliar.

Alat transportasi yang bersarang di garasi rumahnya itu diketahui mengalami perubahan. Terdiri dari dua unit mobil, dan dua unit motor matik lansiran Honda. Untuk kendaraan roda empat, terlihat ada perbedaan dari sebelumnya.

Diketahui Toyota Vellfire lansiran 2017, dan BMW 2016 yang tidak disebutkan tipenya telah dijual di tahun ini. Yang masih dipertahankan hanya Lexus sedan buatan 2010 yang harganya ditaksir Rp1,250 miliar.

Sebagai penggantinya, mantan Mendag itu meminang BMW X7 dengan kode produksi 2021 seharga Rp2 miliar. Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle tersebut dibekali segudang fitur canggih, dan menjadi kasta tertinggi dari BMW X series.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya