Meluncur Juli, Mobil Baru Kembaran Daihatsu Xenia Dijual Murah?

Perodua Alza kembaran Avanza-Xenia
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA – Bulan depan mobil MPV, atau Multi Purpose Vehicle baru yang mirip dengan Daihatsu Xenia meluncur di Malaysia. Mobil tersebut adalah All New Perodua Alza, atau Xenia versi negeri jiran yang diproduksi di negara tersebut.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Diketahui, Perodua merupakan perusahaan otomotif asal Malaysia yang didirikan Daihatsu sejak 1993 silam. Mobil yang dipasarkan mereka memiliki spesifikasi, dan desain serupa dengan jajaran mobil Daihatsu di Indonesia.

Daihatsu All New Xenia.

Photo :
  • Istimewa
5 Mobil MPV Termurah di Pameran IIMS 2024

Yang membedakan, emblemnya tidak menggunakan huruf D, melainkan huruf P setengah di dalam lingkaran. Perodua Alza mendapatkan perubahan total dari generasi sebelumnya, serupa dengan Xenia buatan RI.

Diperhatian dari desain wajah depannya, agak berbeda pada bagian grill. Selebihanya lampu utama yang sipit dengan penerangan LED masih serupa dengan Xenia, begitu pun desain bumper depan, belakang, dan lampu pengereman.

Viral 2 Mobil Kondisi Penyok Kejar-Kejaran di Jaktim, Ternyata Ditabrak Truk

Perodua Alza generasi terbaru juga disematkan teknologi ASA (Advanced Safety Assist), di dalamnya bersarang beberapa fitur canggih seperti pengereman darurat, lane departure warning, adaptive cruise control, blin spot, dan lain-lain.

Demi mempermudah pengemudi saat parkir, mobil tersebut dilengkapi kamera 360 derajat yang terintegrasi dengan head unit layar sentuh berukuran 9 inci. Sementara untuk varian tertinggi dilengkapi tiga mode berkendara.

“Kami meluangkan waktu dalam merancang perubahan model ini, karena kami benar-benar ingin memahami peningkatan apa yang diinginkan konsumen, dan Alza baru hadir untuk memenuhi itu,” ujar Presiden dan CEO Perodua, Datuk Zainal Abidin Ahmad, dikutip Viva Otomotif dari Paultan.org, Jumat 24 Juni 2022.

Mobil yang meramaikan ceruk pasar Low MPV tersebut dipersenjatai mesin bensin empat silinder Dual VVT-i berkapasitas 1.500cc. Disalurkan melalui transmisi matik D-CVT ke roda depan, hasil pengujian internal, konsumsi bahan bakar diklaim 22 kilometer per liter.

Perodua Alza baru ditawarkan lima pilihan warna, dan garansinya mencapai lima tahun atau 150 ribu km, mana tercapai lebih dulu. Lantas berapa harganya?

Masih menurut sumber yang sama, Perodua belum mengumumkan harga resmi sebelum diluncurkan. Tapi diperkirakan mulai 62 ribu ringgit Malaysia, atau setara Rp208,8 juta, sampai 75 ribu ringgit atau Rp252,8 juta.

Lebih murah dari Daihatsu Xenia di pasar Indonesia, padahal secara fitur agak lebih lengkap. Tunggu saja peluncuran resminya di Juli 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya