Dua Produsen Mobil Ini Kolaborasi untuk Ciptakan Mobil Baru

Booth Toyota di IIMS 2022
Booth Toyota di IIMS 2022
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Saat ini banyak perusahaan otomotif melakukan kolaborasi, untuk mengembangkan produk barunya. Dua pabrikan yang melakukan hal tersebut adalah Toyota dan Suzuki.

Kedua perusahaan itu mengatakan akan memulai produksi kendaraanya di India. Secara bersama, mereka mengembangkan mobil berteknologi hybrid untuk kebutuhan para konsumen di negara tersebut.

Dikutip VIVA Otomotif dari Reuters, Jumat 24 Juni 2022, model barunya itu akan muncul dengan jenis SUV atau Sport Utility Vehicle yang disematkan dua mesin. Dalam membangun kendaraan baru ini merupakan bagian dari kemitraan kedua perusahaan agar lebih luas.

Booth Suzuki di Gaikindo Jakarta Auto Week 2022

Booth Suzuki di Gaikindo Jakarta Auto Week 2022

Photo :
  • Dok: SIS

Meski begitu, baik dari Toyota maupun Suzuki masih belum memberitahu nama terkait kendaraan baru ini. Masing-masing perusahaan asal Jepang itu mengandalkan afiliasi lokalnya untuk melakukannya perkembangan model ini.

Masih dalam proses, Suzuki telah berkomitmen dalam kolaborasi kali ini dengan menyumbangkan dana sebesar US$1,4 miliar atau setara Rp20 triliun. Dana tersebut juga akan dialokasikan untuk memproduksi BEV dan baterai kendaraan listrik di India.

Sementara itu, dari Toyota akan menginvestasikan lebih dari US$600 juta atau setara Rp8,9 triliun untuk menjadikan India sebagai pusat produksi global. Dananya itu pun juga dipakai untuk membuat suku cadang EV, termasuk penggerak listrik dari model barunya ini.