Hyundai Tunda Peluncuran Mobil Hidrogen karena Masalah Ini

Logo Hyundai
Logo Hyundai
Sumber :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

VIVA Otomotif – Mobil hidrogen sedang dikembangkan oleh beberapa produsen otomotif, termasuk Hyundai. Alasannya, kendaraan jenis ini hanya mempergunakan gas hidrogen sebagai bahan bakarnya dan pembuangannya hanya berupa air saja.

Namun baru-baru ini, Hyundai Motor Company memutuskan untuk menunda peluncuran mobil bertenaga hidrogen. Diketahui, mobil tersebut merupakan model dari Nexo, yang menjadi pelengkap di segmen SUV atau Sport Utility Vehicle.

Dilansir dari Reuters, Jumat 1 Juli 2022, mobil ramah lingkungan ini sejatinya akan diluncurkan pada tahun 2024 mendatang. Namun karena ada beberapa masalah, mobil ini terpaksa harus ditunda waktu peluncurannya.

Perusahaan asal Korea Selatan ini memberitahu adanya masalah terhadap model barunya, yaitu terletak di pengembangan sel bahan bakarnya. Mereka belum memutuskan lebih lanjut akan kendaraan ini.

Booth Hyundai di IIMS 2022

Booth Hyundai di IIMS 2022

Photo :
  • Dok: HMID

Sebab, Hyundai baru saja mengerjakan proyek mengembangkan kendaraan sel bahan bakar merek Genesis pertama yang ditangguhkan akhir tahun lalu. Adanya program dan aktivitas berbagai peluncuran produk unggulan membuat mereka belum bisa mengatasi permasalahan ini.

Padahal beberapa waktu lalu, perusahaan yang telah berdiri sejak 1967 itu mengumumkan rencana untuk menawarkan versi sel bahan bakar hidrogen untuk semua kendaraan komersialnya pada tahun 2028. Jadi, kendaraan hasil produksi mereka nanti sudah mulai ramah lingkungan berkat adanya sel bahan bakar baru.