Suzuki Ertiga Hybrid Jadi Mobil Tercanggih di Kelasnya

All New Suzuki Ertiga Hybrid
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA Otomotif – Pasar kendaraan bermotor di Indonesia pada bulan lalu kedatangan satu mobil baru, yang mengisi segmen Multi Purpose Vehicle atau MPV. Model yang dimaksud adalah All New Suzuki Ertiga Hybrid.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Sesuai namanya, kendaraan ini dibekali dengan teknologi elektrifikasi berupa gabungan mesin konvensional dengan motor listrik. Sistem rancangan Suzuki diberi nama Smart Hybrid, dan diklaim bisa membantu mengurangi pemakaian bahan bakar tanpa harus membayar mahal.

Dua komponen utama pada sistem Suzuki Smart Hybrid, yakni Integrated Starter Generator atau ISG, dan baterai Lithium 12 Volt 6 Ampere hours. Dayanya memang tidak besar, karena hanya digunakan dalam situasi tertentu saja.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Dengan adanya teknologi elektrifikasi tersebut, maka kendaraan berkapasitas tujuh orang itu menjadi MPV pertama di Indonesia yang dibekali dengan sistem hybrid.

Interior All New Suzuki Ertiga Hybrid

Photo :
  • VIVA Otomotif
Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Tak hanya itu, harga yang mulai dari Rp270 jutaan on the road DKI Jakarta juga membuatnya jadi mobil hibrida paling murah di Tanah Air saat ini.

“Kami membuat inovasi, dengan menggabungkan tren teknologi dan kebutuhan sehari-hari. All New Ertiga Hybrid menawarkan manfaat mobil elektrifikasi dan efisiensi bahan bakar, tapi dengan harga yang sangat kompetitif,” ujar Presiden Direktur Suzuki Indonesia, Shingo Sezaki melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu 2 Juli 2022.

Cara kerja dari sistem Suzuki Smart Hybrid cukup sederhana, yakni ketika mesin membutuhkan tambahan tenaga maka ISG akan menyuplai sehingga pemakaian bensin tidak menjadi boros. Hal ini terjadi secara otomatis, sesuai dengan kebutuhan mesin.

Ketika mobil melakukan perlambatan, maka energi pengereman diubah menjadi listrik dan disimpan ke dalam baterai, untuk dipakai saat nanti dibutuhkan.

Rangka mobil All New Suzuki Ertiga Hybrid

Photo :
  • VIVA Otomotif

Saat diuji di area Malang menuju Surabaya, konsumsi bahan bakar mobil ini tercatat sekitar 23 kilometer per liter dengan mesin K15B 1.500cc dan transmisi manual.

“Di tengah kenaikan harga bahan bakar, All New Ertiga Hybrid adalah pilihan pintar yang sangat cocok untuk kondisi saat ini. Manfaatnya pun akan terasa lebih optimal, saat digunakan dalam kondisi kemacetan,” tutur Deputy Director Sales and Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales, Hady S Halim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya