Mengejutkan Hasil Uji Tabrak Suzuki S-Presso yang Mau Dijual di RI

Uji Tabrak Suzuki S-Presso
Sumber :
  • Carwale

VIVA –  Suzuki S-Presso telah melakukan hasil uji tabrak terbaru untuk versi yang dijual di Afrika Selatan. Dalam uji tabrak itu mendapatkan hasil yang lebih dari sebelumnya, walau tidak maksimal.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Pada 2 tahun lalu, Suzuki S-Presso untuk pasar India meraih catatan yang tak begitu baik dalam uji tabrak. Dalam tes yang dilakukan oleh Global NCAP tersebut mendapatkan nol bintang.

Dinilai minim perlindungan kepada penumpang di dalam mobil. Di mana, minimnya perlindungan leher yang terlihat pada boneka uji sebagai penumpang depan dan juga pada sopir dan ditambah area dada.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Skor untuk perlindungan penumpang dewasa ditetapkan nol dari hasil tertinggi 17. Global NCAP juga mengungkap hasil buruk pada perlindungan anak kecil di jok belakang.

Kini pengujian dilakukan pada Suzuki S-Presso versi Afrika Selatan dan mendapatkan hasil uji yang lebih baik. Yakni, mendapatkan 3 bintang perlindungan penumpang dewasa dan dua bintang perlindungan anak kecil.

Suzuki Luncurkan Skuter Matik Baru Rp24 Jutaan

Skor model ini 8,96 dari tertinggi 17 poin untuk perlindungan penumpang dewasa dan 15 dari maksimal 49 buat perlindungan penumpang anak kecil. Memang, Suzuki S-Presso yang diuji dibekali dengan dua airbag di depan, sedangkan versi India hanya ada satu airbag untuk sopir.

"Performa keamanan S-Presso di Afrika Selatan masih jauh dari harapan dan perbaikan itu tidak tampak pada proteksi anak-anak karena hasilnya masih sama dengan versi India tahun 2020," ujar Sekretaris Jenderal Global NCAP, Alejandro Furas.

"Di India sendiri tengah ada peningkatan keamanan dengan standar 6 airbag. Kami harap Maruti Suzuki tidak mengaplikasikan standar ganda untuk mobil yang dijual di Afrika dengan versi India," lanjutnya.

Suzuki S-Presso sendiri kabarnya akan dijual di Indonesia, menggantikan posisi Karimun Wagon R yang sudah tak diproduksi lagi. Beberapa waktu lalu, viral foto mobil-mobil tersebut diangkut pakai kontrainer di jalanan Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya