Gak Nyangka, Sejak Diluncurkan Sudah 28 Juta Honda Civic Terjual

All New Honda Civic RS.
Sumber :
  • Dok: HPM

VIVA Otomotif – Honda Civic merupakan salah satu mobil legendaris Honda Motor Co., Ltd di pasar global. Pertama kali dilahirkan pada 1972 di Jepang sebagai mobil kompak yang diklaim bertenaga, namun tetap irit bahan bakar.

Jangan Asal Modif, Ini 5 Tips Aman Modifikasi Mobil Honda Civic

Setelah di pasarkan di negara asalnya selama satu tahun, Honda Civic di ekspor ke beberapa negara pada 1973. Sampai sekarang hatchback yang berubah menjadi sedan tersebut sudah memasuki usia ke-50 tahun.

Estilo milik Fero.

Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto
Recall Mobil Honda Kembali Terjadi, 175 Ribu Unit Terdampak

“Hingga saat ini Honda Civic telah dipasarkan lebih dari 180 negara di seluruh dunia, dan telah mencatat penjualan lebih dari 28 juta unit,” tulis keterangan resminya dikutip Viva Otomotif, Senin 4 Juli 2022.

Dari setiap perubahannya, pabrikan mobil berlogo H tersebut selalu menawarkan desain yang sporty, dan elegan sesuai kebutuhan pasar. Teknologi dan inovasi diterapkan menyesuaikan perkembangan zaman.

Honda Civic Generasi Pertama Mejeng di Jakarta

Sementara di Indonesia, Civic baru mulai dipasarkan pada 1976. PT Honda Prospect Motor sebagai produsen mobil Honda di Tanah Air mencatat, sejak melantai mobil tersebut sudah terjual lebih dari 120 ribu unit.

Saat ini model yang dipasarkan adalah generasi ke-11, yaitu All New Honda Civic RS. Pertama kali hadir di Tanah Air pada Oktober 2021. Namun hanya ditawarkan satu varian, sedangkan di Jepang tersedia beberapa tipe, termasuk hybrid.

Penampilannya lebih agresif, terutama pada lampu utama yang semakin tajam dengan pencahayaan LED, dilengkapi daytime running light sebagai pemanis.

Desain bumper depan berubah dengan menghilangkan garis-garis tajam, logo H di tengah grill atas yang minimalis tetap tegak. Bodi samping serupa dengan sebelumnya, hanya pelek berubah menjadi palang lima dual tone 17 inci. 

Sedan tersebut tampak lebih panjang, terlihat dari pilar D dan kaca samping baris ketiga. Bumper dan bagasi belakang tampak mancung dengan guratan minimalis layiknya sedan pada umumnya.

Lampu pengereman yang awalnya seperti capitan kepiting ditinggalkan, bentuk bodi belakang tepat di akses buka pintu bagasi menjadi mirip NSX. Ditambahkan spoiler layiknya ducktail agar menambah unsur sporti.

Teknologi keamananya didukung Honda Sensing, sementara jantung pacunya masih sama dengan sebelumnya, cuma secara tenaga lebih besar.

Menggendong mesin 1.500cc turbo DOHC dengan tenaga 178 dk di 6.000 rpm, dan torsi 240 Nm di 4.500 rpm.  Disalurkan melalui transmisi matik CVT ke roda depan, dilengkapi mode berkendara, serta paddle shift.

Sebagai informasi, ada beberapa model lawas mobil tersebut yang cukup dikenal dan sebagian sudah menjadi barang koleksi, diantaranya Honda Civic Wonder, dan Estilo.  

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya