Orang Kaya Merapat, Honda Siap Jual Mobil Paling Buas Akhir Tahun

Honda Civic Type R
Sumber :
  • Honda Prospect Motor

VIVA Otomotif – Setiap pabrikan mobil di dunia memiliki produk khusus yang diciptakan untuk pelanggan. Seperti halnya Honda Motor Co., Ltd dengan memproduksi Honda Civic Type R sebagai mobil bertenaga buas yang di jual secara global.

Alasan Pengemudi Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Jalani Pemeriksaan Psikologi

Honda Civic Type R generasi pertama sempat terlantar, karena pabrik yang membuat mobil tersebut di Swindon, Inggris tutup pada Juli 2021. Sehingga beberapa negara, termasuk Indonesia sempat tidak mendapatkan unit.

All New Civic Type R

Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Dikirim ke Konsumen

Mengingat mobil sport yang dilahirkan dari Civic Hatchback tersebut cukup lama tidak mendapatkan pembaharuan sejak dipasarkan pada 2017, maka pabrikan mobil berlogo H itu sedang mempersiapkan versi terbarunya.

Sebelum resmi dijual ke pasar, All New Honda Civic Type R dalam bentuk prototype telah diperkenalkan perdana di dunia dalam ajang modifikasi Tokyo Auto Salon, pada 14-16 Januari 2022 di Makuhari Messe, Chiba, Jepang.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Mobil sedan yang dirancang khusus untuk pecinta adrenalin tersebut akan ditampilkan dalam balutan kamuflase, dan menayangkan video proses pengembangan dan uji coba Civic Type R terbaru yang dilakukan para insinyur Honda.

“Honda telah melakukan pengujian di Sirkuit Suzuka, dan berencana meluncurkan Civic Type R dengan performa terbaiknya tahun depan,” tulis keterangan resminya.

Setelah hadir di negara asal brand tersebut, All New Civic Type R dalam wujud purwarupa kembali dipamerkan di Amerika Serikat baru-baru ini.

Melansir Carscoops, Rabu 6 Juli 2022, Civic Type R yang dipersiapkan untuk model 2023 itu diduga sudah memasuki tahap produksi massal, dan akan resmi dijual ke pasar pada akhir tahun ini.

Tidak ada informasi basik dari Civic Type R terbaru, atau spesifikasinya, namun jika melihat wujud prototipenya Honda memanfaatkan Civic RS versi sedan. Digadang-gadang akan memiliki tenaga lebih besar dari sebelumnya.

Sebelumnya mobil yang dibuat khusus tersebut dipersenjatai  mesin bensin 4 silinder 2.000cc turbo bertenaga 296,7 dk di 6.500 rpm, dan torsi 400 Nm di 2.500-4.500 rpm, disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan.

Terdapat tiga pilihan berkendara, terintegrasi dengan adapative damper system. Untuk mendukung performanya, sektor kaki-kaki mengandalkan pelek 20 inci, dengan suspensi yang disesuaikan, serta pengereman cakram lansiran Brembo. 

Sedan termahal Honda di Tanah Air itu pernah memecahkan rekor sebagai mobil produksi massal tercepat dengan penggerak roda depan di Sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman. Dan rekor yang serupa di Sikuit Sizuka, Jepang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya