Mobil Baru Honda Paling Mahal di Indonesia Meluncur 9 Hari Lagi

Honda Civic Type R baru
Sumber :
  • Honda Prospect Motor

VIVA Otomotif – Honda Civic Type R menjadi salah satu mobil bertenaga buas produksi massal. Setelah bertahun-tahun terlantar akibat penutupan pabrik, Honda akan kembali menghadirkan versi barunya dengan sejumlah perubahan. 

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Sebelum dijual, All New Honda Civic Type R hadir dalam bentuk prototype. Pertama kali hadir di dunia dalam ajang modifikasi Tokyo Auto Salon, pada 14-16 Januari 2022 di Makuhari Messe, Chiba, Jepang.

Mobil sedan yang dirancang khusus untuk pecinta adrenalin tersebut ditampilkan dalam balutan kamuflase, dan diuji coba langsung oleh para insinyur Honda di Sirkuit Suzuka.

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Catatan waktu tercepat Civic Type R generasi terbaru adalah dua menit 23,120 detik untuk kategori mobil berpenggerak depan saat pengujian di sirkuit milik negeri sakura tersebut.

Tidak ada informasi terkait spesifikasi Civic Type R terbaru, namun jika melihat wujud prototipenya Honda memanfaatkan Civic RS versi sedan. Digadang-gadang akan memiliki tenaga lebih besar dari sebelumnya.

Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Demi menjawab rasa penasaran para penggemarnya di belahan dunia, Honda Motor Co., Ltd merilis teaser produk terbarunya secara resmi di website, dan Youtube, pada Selasa 12 Juli 2022.

Hari ini dipilih untuk membocorkan sedikit wujud dari sedan bertenaga buas itu karena bertepatan dengan umur Honda Civic yang ke-50 tahun di pasar global.

 “All New Honda Civic Type R akan diluncurkan perdana di dunia pada hari Kamis, 21 Juli 2022 pukul 11.00 waktu Jepang,” tulis keterangan resminya dikutip Viva.

Sebelumnya mobil yang dibuat khusus tersebut mengandalkan basik Civic Hathcback dengan mesin bensin empat silinder 2.000cc turbo. Tenaga maksimalnya 296,7 dk di 6.500 rpm, dan torsi 400 Nm di 2.500-4.500 rpm. d

Tenaga besarnya itu disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan. Terdapat tiga pilihan berkendara, terintegrasi dengan adapative damper system.

Untuk mendukung performanya, sektor kaki-kaki mengandalkan pelek 20 inci, dengan suspensi yang disesuaikan, serta pengereman cakram lansiran Brembo. 

Mobil termahal Honda di RI itu pernah memecahkan rekor sebagai mobil produksi massal tercepat dengan penggerak roda depan di Sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman. Dan rekor yang serupa di Sikuit Sizuka, Jepang. 

Sekadar informasi, Civic Type R generasi pertama yang dijual di Indonesia harganya mencapai Rp1 miliaran. Didatangkan langsung dari Swindon, Inggris yang menjadi pusat produksinya, namun pabrik itu sudah tutup sejak 2021 Juli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya