Mobil Listrik Pakai Pelat Nomor Khusus, Segini Bayarnya

Pelat nomor untuk kendaraan bermotor listrik
Pelat nomor untuk kendaraan bermotor listrik
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Kehadiran kendaraan listrik membuat jenis Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau yang biasa disebut dengan istilah pelat nomor, menjadi bertambah.

Perbedaan ada di bagian penambahan lis warna biru, yang dipasang di bagian bawah TNKB. Fungsinya sebagai penanda, bahwa kendaraan tersebut menggunakan setrum sebagai energi dan tidak menghasilkan polusi.

Mobil atau motor yang memakai pelat nomor dengan tambahan warna biru, mendapatkan beberapa kemudahan seperti bebas melewati kawasan pengendalian lalu lintas ganjil genap, hingga tidak dikenakan biaya pajak tertentu.

Sama seperti kendaraan biasa, pelat nomor untuk mobil dan motor listrik juga bisa dipesan angkanya sesuai dengan keinginan pemilik.

Hyundai Ioniq 5 milik Fitra Eri

Hyundai Ioniq 5 milik Fitra Eri

Photo :
  • Tangkapan layar Instagram @fitra.eri

Polri menyediakan fasilitas tersebut, yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Polri, serta Keputusan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Kep/166/VIII/2019 tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan.

Biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik kendaraan supaya bisa mendapatkan pelat nomor cantik, tergantung dari jumlah angka dan apakah ingin memakai tambahan huruf di bagian belakang atau tidak.