Toyota Crown Baru Diluncurkan Dalam 4 Model, Ada Crossover

Toyota Crown terbaru
Sumber :
  • Drive.com

VIVA OtomotifToyota Motor Corporation resmi meluncurkan generasi terbaru dari Toyota Crown hari ini di Jepang, Jumat, 15 Juli 2022. Menariknya, Toyota Crown langsung dihadirkan dalam empat model sekaligus, termasuk model crossover.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Toyota Crown generasi ke-16 ini untuk pertama kalinya dipasarkan di luar Jepang. Seperti yang diungkapkan oleh President dan CEO Toyota Motor Corp., Akio Toyoda.

"Keluarga Crown terbaru ini akan ditawarkan tidak hanya di Jepang, tetapi secara global untuk pertama kali. Konsumen di dunia berkesempatan untuk merasakan langsung mobil yang lahir dengan semangat, kebanggaan, dan kemajuan," kata Toyoda dilansir Drive.com

Adu Laris Toyota Fortuner vs Mitsubishi Pajero Sport di 2024

Sebelumnya banyak yang memprediksi bila Crown akan berubah menjadi crossover. Ini berdasarkan pada bagian belakang mobil yang membesar, lalu ground clearance tinggi serta body side molding seperti mobil SUV.

Memang akhirnya New Toyota Crown ini hadirkan model crossover, tapi menariknya ada 3 model lainnya juga. Yakni, model Sedan, Estate atau Wagon, dan juga Sport.

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Toyota Crown terbaru 2023

Photo :
  • Drive.com

"Waktu terus berjalan dan perubahan sangat cepat terjadi. Toyota Crown tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin variatif. Bahkan keberadaannya sebagai mobil mewah semakin tidak signifikan," bunyi pernyataan Toyota.

Toyota menyatakan bila Crown baru ini hadir dengan platform TNGA. Pilihan mesin tersedia dua yakni 2.4 liter turbo hybrid system dan 2.5 liter hybrid parallel. Sistem pakai baterai nikel-hidrogen bipolar hasil pengembangan Toyota dan untuk pertama kali diperkenalkan di mobil mereka.

Sistem hybrid diklaim bisa menghemat bahan bakar dan kinerja mesin lebih halus. Konsumsi BBM pada sistem hybrid 2,5 liter ini diklaim mencapai 22,4 km per liter.

Sementara untuk mesin hybrid 2,4 liter turbo memiliki konsumsi BBM mencapai 15,7 km per liter. Crown terbaru menggunakan sistem penggerak 4WD E-Four dan E-Four Advanced. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi keamanan Toyota Safety Sense.

Soal harga, Toypta baru merilis harga Toyota Crown jenis Crossover. Harga terendah ada di angka 4,35 juta Yen atau setara Rp471 jutaan dan yang termahal di harga 6,4 juta Yen atau sama dengan Rp688,4 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya