Siapa yang Lega dan Luas, Hyundai Stargazer, Avanza, atau Xpander

Hyundai Stargazer
Sumber :
  • Dok: HMID

VIVA Otomotif – Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang merilis Hyundai Stargazer. Mobil yang meramaikan ceruk pasar Low MPV atau Multi Purpose Vehicle itu diproduksi lokal di pabrik PT Hyundai Motors Indonesia.

Daftar Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Baru April 2024

Hyundai Stargazer dibekali mesin 1.500cc yang ditawarkan dalam enam varian. Penempatan harga juga bersaing dengan Mitsubishi Xpander, dan All New Avanza, atau All New Veloz. Lalu siapa yang paling luas?  

Interior Hyundai Stargazer

Photo :
  • Dok: HMID
4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Hyundai Stargazer memiliki dimensi panjang 4.460 mili meter, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.690 mm. Sedangkan jarak roda depan ke belakang 2.780 mm.

Untuk kapasitas bagasi belakang 200 liter, jika kursi baris ketiga dilipat bisa mencapai 585 liter. Namun tidak diketahui, ruang yang didapat apakah rata segaris dengan posisi jok yang terlipat, atau tidak.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Sedangkan Xpander panjangnya mencapai 4.595 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.730 mm, dan jarak sumbu rodanya 2.775 mm. Selisih lima mili meter lebih pendek antara roda depan ke belakang dibandingkan Stargazer.

Pada dasarnya wheelbase memengaruhi handling dari mobil tersebut ketika bermanuver. Sementara dimesin keseluruhannya, memungkinkan ruang kepala dan ruang kaki lebih lega Xpander dibandingkan Low MPV Hyundai.

Tapi jarak antara penumpang sepertinya masih agak lega Stargazer, karena lebih lebar. Soal konfigurasi meski Xpander tidak memiliki kursi captain seat di baris kedua, namun kursi tiga barisnya punya arm rest dilengkapi cup holder.

Interior New Mitsubishi Xpander

Dari sisi kapasitas bagasi belakang tidak ada data tercantum, kursi baris ketiga mobil Mitsubishi itu bisa dilipat 50 banding 50, dan baris kedua 60 banding 40. Dengan begitu bisa membuat bagasi belakang lapang sesuai kebutuhan.

Berbeda dengan Avanza generasi terbaru, mobil Low MPV terlaris di Indonesia itu agak lebih kompak dibandingkan kedua pesaingnya. Karena panjangnya 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan agak tinggi 10 mm dari Stargazer.

Toyota All New Avanza.

Photo :
  • Dok: TAM

Sementara All New Veloz sebagai varian termahal dari Avanza punya dimensi lebih besar, panjangnya 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Lebih panjang, dan agak tinggi dari produk baru buatan Hyundai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya