Ini Perbedaan Mobil Hatchback dan City Car

Suzuki New Baleno Hatchback
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA Otomotif – Pasar otomotif Indonesia diramaikan oleh berbagai jenis kendaraan bermotor roda empat, mulai dari mobil yang masuk ke dalam kategori sedan hingga multi purpose vehicle.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Selain itu, ada juga jenis kendaraan hatchback dan city car atau mobil perkotaan. Keduanya memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda, terutama dalam hal dimensi.

Baik hatchback maupun city car sama-sama memiliki ruang bagasi, yang menyatu dengan kabin. Pemisahnya hanya sandaran jok di baris kedua, dan di beberapa model disediakan penutup di bagian atas.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

4 Wheel Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra mengatakan bahwa target pasar kendaraan jenis hatchback mirip dengan city car, yaitu konsumen yang menginginkan mobil dua baris dengan dimensi kompak.

Suzuki New Baleno Hatchback

Photo :
  • Dok: SIS
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

“Tapi, hatchback menyasar konsumen yang menginginkan kendaraan dengan fitur lebih canggih, mesin 1.500 cc atau lebih dan memiliki ruang kabin yang lebih luas,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu 23 Juli 2022.

Menurut Donny, para pembeli mobil hatchback adalah kalangan dewasa muda yang tinggal di perkotaan, dan memiliki mobilitas yang cukup tinggi.

Pemilihan kendaraan jenis ini dilakukan, karena mereka tidak membutuhkan ruang kabin yang luas dan lebih peduli dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Dari segi interior, kendaraan hatchback umumnya memiliki tampilan yang sporty. Sedangkan untuk sisi eksterior, mobil ini memiliki desain yang aerodinamis dan modern.

Berdasarkan data Gaungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, segmen mobil hatchback menguasai 5-7 persen pangsa pasar mobil penumpang di Indonesia sejak lima tahun terakhir.

Salah satu mobil yang masuk ke dalam segmen tersebut, yakni Suzuki Baleno Hatchback yang pada tahun lalu meraih pangsa pasar 12,7 persen di kelasnya.

Model ini pada zaman dahulu hadir dalam versi sedan, namun seiring kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang Suzuki akhirnya memutuskan untuk memasarkannya dengan wujud hatchback.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya