Jokowi Naik Mobil Mewah Seharga Rp11 Miliar di China, Intip Speknya

VIVA Bisnis: Presiden Jokowi meresmikan Kawasan Labuan Bajo di Pantai Marina.
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA Otomotif – Presiden Joko Widodo dan istri telah tiba di China, guna melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Tibanya di Negeri Tirai Bambu itu, Jokowi menumpangi mobil yang sangat mewah.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Mobil limusin tersebut adalah Hongqi L5, dan terlihat Jokowi menuju ke tempatnya bermalam di Diaoyutai State Guesthouse. Hongqi sendiri merupakan produsen otomotif tertua di China, sejak pertama diluncurkan pada 1959.

Hongqi L5 sendiri mobil yang biasa dipakai oleh kelas VVIP, dan menjadi pesaing mobil-mobil mewah asal Eropa, seperti Mercedes Benz dan BMW. L5 memiliki gaya retro modern, terlihat dari gril dan kap mesin hingga lampunya bulat.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Konsep desainnya terinspirasi dari Hongqi CA770, yang hanya dibuat 847 unit saja. Soal dapur pacunya, Hongqi L5 dijejali mesin V12 6,0 liter bertenaga 408 hp dan 550 nm.

Mesin tersebut dipadukan transmisi otomatis enam percepatan untuk menggerakkan keempat roda. Dimensi mobil ini panjangnya 5,55 meter, lebarnya lebih dari dua meter, tinggi 1,5 meter, dan jarak sumbu roda 3,4 meter.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Mobil Hongqi L5 yang membawa Jokowi di China

Photo :
  • Youtube/Sekretariat Presiden

Berat mobil mencapai 3.150 kilogram, belum yang dipakai untuk para pejabat yang dilapisi baja. Mobil ini juga punya identitas yakni lencana bendera merah pada spatbor depan.

Perihal harga, mobil ini dijual dengan bandrol yang bervariasi sesuai tipe, tapi diperkirakan mencapai US$760 ribu atau setara Rp11 miliar. Harga bisa lebih mahal jika ada permintaan khusus soal spesifikasi dari konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya