Siap-siap Ada 9 Mobil Listrik China yang Dibuat di Indonesia

Pabrik Chery.
Sumber :
  • Chery Global.

VIVA Otomotif – PT Chery Motor Indonesia, menjadi salah satu produsen mobil China pendatang baru yang cukup serius meramaikan industri otomotif Tanah Air. Hal itu terungkap saat mereka ingin berinvestasi dalam jumlah sangat besar.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Presiden Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu Executive Vice President Chery International, Charlie Zhang di Beijing pada 25 Juli 2022.

Chery EQ1

Photo :
  • Netcarflix
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Dalam pertemuan tersebut, Chery menyampaikan tertarik menggelontorkan dana segar demi mendirikan pabrik di Indonesia, dengan nilai investasi mendekati 1 miliar dolar Amerika Serikat, atau setara Rp14,844 triliun.

Charlie Zhang mengatakan, investasi Chery di Indonesia akan dilakukan dalam empat tahap. Di mulai pada tahun ini sebesar 40 juta dolar, atau setara Rp593,942 miliar untuk produksi 20 ribu unit kendaraan per tahun.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

“Pada investasi tahap keempat di tahun 2028, Chery akan menggenapkan investasinya hingga mendekati 1 miliar dolar, sehingga dapat mengoptimalkan jumlah produksi mencapai 200 ribu unit per tahun,” ujar Zhang dalam keterangan resminya, dikutip Jumat 29 Juli 2022.

Dia menjelaskan, nilai investasi tersebut termasuk pengembangan kendaraan listrik, karena Indonesia memiliki cadangan nikel tertinggi di dunia, sehingga sangat berperan penting untuk pengembangan industri terbarukan.

“Ke depannya, produk Chery di pasar Indonesia juga akan didominasi oleh model-model pure electric dan plug-in hybrid, dengan total sembilan model,” tuturnya.

Rencana ini menggugah ketertarikan Menko Marves Luhut yang kemudian memberikan respon melalui perhatian besar dan kebijakan-kebijakan yang akan mendukung langkah-langkah Chery.

“Jumlah produksi kendaraan Chery di Indonesia juga akan berdampak kepada pembukaan lapangan pekerjaan pada sektor hulu dan hilir sebanyak 20.000 orang,” sambung Zhang.

Di awal kemunculannya Chery hadir di pameran otomotif pada Maret 2022 dengan memboyong tiga model SUV (Sport Utility Vehicle), yaitu Tiggo 8 pro, Tiggo 7 Pro, Omoda 5, Skytour, serta mobil listrik EQ1.

Chery EQ1 dipersenjatai baterai lithium-ion, dan satu motor listrik alias dinamo. Tenaga maksimalnya 75 dk, dan torsi 147 Nm, untuk mengajaknya berlari dari diam ke 50 kilometer per jam hanya butuh waktu enam detik.

Demi keamanan, kecepatan maksimal mobil pelahap seterum itu dibatasi menjadi 120 km per jam, dan jarak tempuhnya dalam keadaan baterai penuh bisa 402 kilometer. Waktu untuk pengisian daya dari nol sampai 80 persen, 30 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya