PLN Bakal Fokus Memperluas Fasilitas SPKLU di Jalan Tol

SPKLU Mobil Listrik
Sumber :

VIVA Otomotif – PT Perseroan Listrik Negara atau PLN terus berupaya mempercepat geraknya dalam membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Salah satunya dengan memperbanyak fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa wilayah.

Kapolri Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi Malam Ini

Ambisi tersebut disampaikan oleh Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril. Dia mengungkapkan bila PLN sudah menghadirkan beberapa SPKLU di seluruh provinsi Indonesia, termasuk Papua.

Namun untuk saat ini pemerintah akan fokus dengan SPKLU di wilayah Jawa dan Bali. Langkah itu diambill untuk mempersiapkan Presidensi G20 Indonesia, usai agenda itu barulah PLN bakal memprioritaskan jalan tol untuk dipenuhi SPKLU.

Kawal Arus Mudik Hingga Balik Lebaran 2024, PLN Siaga di Zona Utama Transportasi Publik

"Setelah G20, kita akan bawa ke jalan tol dulu yang utama, sementara yang sudah ada akan kita tambah lagi, misalnya di daerah menuju Banyuwangi. Banyuwangi kan tolnya sampai ke Pasuruan, kita bisa pasang di beberapa tempat sehingga orang yang mau ke Bali bisa mengisi daya lewat situ," ujar Bob, dikutip dari Antara, Sabtu 30 Juli 2022.

Lebih lanjut Bob juga mengatakan bahwa jalan tol yang akan difasilitasi SPKLU tidak hanya di wilayah Jawa saja. Akan tetapi, pada tahap berikutnya PLN juga bakal mendirikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Jalan Tol Sumatera.

Korban Meninggal Kecelakaan Bus Rosalia Indah Bertambah Satu Orang, Ini Identitasnya

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk electric vehicle (EV) charging mobil listrik.

Photo :
  • ANTARA

"Berikutnya kita ke jalan tol Sumatera. Kita sudah pasang di Lampung dan akan diperbanyak lagi. Nanti kan ada yang ke arah Jambi, itu akan kita pasang juga," tutup Bob.

Terakhir, dia melaporkan bahwa PT PLN saat ini berencana untuk membangun 100 unit SPKLU tambahan pada 2022. Nantinya SPKLU tambahan tersebut bakal disebar di seluruh wilayah Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya