Sepak Terjang Toyota Vios Sebelum Beredar Video Setop Produksi

Toyota Vios 2016 saat peluncuran di Beijing Auto Show.
Sumber :
  • www.indianautosblog.com

VIVA Otomotif – Toyota Vios pertama kali lahir di Indonesia pada 2003 silam. Hadir untuk meramaikan pasar sedan kelas menengah yang saat itu dikuasi Honda City, hingga akhirnya dirilis varian murah bernama Limo untuk armada taksi.

BMW Indonesia Hadirkan Sedan Listrik untuk Para Pebisnis

Sedan berukuran kompak tersebut menjadi produk Toyota yang paling lama tidak mengganti dapur pacunya. Sejak diluncurkan, hingga 2015 Vios tetap mempertahankan mesin bensin 1.500cc berkode 1NZ-FE.

Toyota Pretty berfoto dengan New Vios

Photo :
  • PT. Toyota-Astra Motor
Kia Sebar Gambar Sedan Kompak Terbaru, Siap Rilis Minggu Depan

Mobil pengganti Toyota Soluna itu mengalami beberapa kali penyegaran, di mana facelift pertamanya hadir pada 2005. Dan mulai memasuki generasi kedua pada 2007 dengan desain lebih moderen dan peningkatan fitur.

Memasuki generasi ketiga pada 2013 Vios mendapatkan perubahan eksterior, interior, dan fitur-fiturnya lebih canggih. Hingga akhirnya pada 2016 sedan tersebut memiliki mesin baru dengan kode 2NR-FE Dual VVT-i 1.500cc.

5 Sedan Termurah di IIMS 2024, Harga Mulai Rp300 Jutaan

Mesin tersebut sserupa dengan Sienta, dan All New Avanza saat ini. Teknologi keselamatannya juga semakin meningkat, terlebih untuk versi 2018 yang menjadi terakhir kalinya penyegaran untuk sedan pesaing City tersebut.

Berdasarkan data Gaikindo, sepanjang 2019 pabrik hanya mengirimkan 502 unit Toyota Vios ke jaringan diler. Disesuaikan dengan jumlah pemesanan, mengingat beberapa bulan sempat tidak ada aktifitas pengiriman unit.

Sebelum pandemi, atau sekitar empat tahun lalu PT Toyota Motor Manufactur Indonesia (TMMIN) sebagai pabrikan sempat tidak melakukan penjualan wholesales di Mei, Juni, Oktober, dan November untuk Vios tipe E.

Memasuki 2020 pendistribusian unit Vios ke diler semakin anjlok, selama satu tahun penuh hanya tercatat 309 unit, di mana pada Februari sampai Desember tipe E matik, dan manual hanya dikirim sebanyak lima unit.

Pada 2021 Toyota bisa menghirup udara segar, mengingat pemerintah memberikan isentif untuk sedan bermesin 1.500cc tersebut, berupa diskon PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) hingga nol persen.

Sejak kebijakan itu bergulir, peminat Vios meningkat. Penjualan wholesales atau pabrik ke diler sepanjang tahun lalu mencapai 1.243 unit, hanya disumbang dari tiga varian, di mana tipe E matik tidak ada data pengiriman.

New Toyota Vios 2018

Photo :
  • Dok: Toyota

Sedan kelas menengah tersebut memiliki kandungan lokal hingga 70 persen, sehingga diskon pajak yang diberikan pemerintah mencapai nol persen, jika dikalkulasikan menjadi mata uang potongannya mencapai Rp65 juta.

Tahun lalu banderol Vios hanya Rp254,1 juta, sampai Rp283,3 juta. Mengingat potongan pajak tersebut tidak berlaku lagi di 2022, maka harganya kembali naik. Sebelumnya tersedia empat varian, kini hanya ditawarkan tiga varian.

Melansir website Toyota Indonesia, saat ini harga sedan empat penumpang tersebut menjadi Rp293,7 juta tipe E manual, sampai Rp325,7 juta tipe G CVT matik. Lalu gimana dengan penjualannya?

Januari-Juni tahun ini pengiriman dari pabrik ke diler hanya 121 unit. Tipe tertinggi menjadi paling laris dengan menyumbang angka 90 unit, namun dua bulan di awal tahun, lalu memasuki Mei, dan Juni tipe E tidak ada penjualan.

Hingga akhirnya beredar video di media sosial yang menunjukan karyawan pabrik Toyota mengucapkan selamat tinggal untuk Vios. Seperti terlihat dari unggahan video Instagram mobilgue, dikutip, Selasa 3 Agustus 2022.

“Terima kasih Vios telah menjadi bagian sejarah sukses terbentuknya plan 2 (pabrik Toyota),” ujar salah satu karyawan pabrik dalam tayangan tersebut.

Menanggpi isu tersebut, Director Corporate Affairs PT TMMIN, Bob Azam angka bicara. Menurutnya, pabrikan masih tetap melakukan produksi untuk memastikan pendistribusian unit tetap aman ke jaringan diler.

“Bersama dengan TAM, kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen tetap terjaga. Selain itu, kami akan memberitahukan kepada teman-teman media pada waktunya,” ujar Bob Azam kepada wartawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya