Mobil SUV Pesaing Hyundai Creta Mulai Mendekat ke Indonesia

Chery Omoda 5 uji coba di jalan Malaysia
Sumber :
  • Paultan.org

VIVA Otomotif – Mobil SUV, atau Sport Utility Vehicle masih menjadi tren di pasar dunia. Setiap pabrikan memiliki produk sejenis dengan spesifikasi, dan desain berbeda-beda, salah satu segmen yang sedang memanas adalah SUV kompak.

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Di Indonesia persaingan mobil SUV dengan kofigurasi lima penumpang itu diramaikan oleh beberapa merek, diantaranya Honda HR-V, dan Hyundai Creta. Penjualan kedua mobil tersebut terbilang cukup menjanjikan.

Chery Omoda 5

Photo :
  • Chinapev
Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Tidak heran jika beberapa produsen pendatang baru tertarik merilis mobil sejenis. Salah satunya Chery Motor Indonesia yang pernah memamerkan Omoda 5 di pameran Indonesia International Motor Show, April 2022.

Namun hingga kini Chery Omoda 5 belum dijual, padahal dalam keterangan resminya saat itu Indonesia akan menjadi negara pertama yang memasarkan mobil SUV tersebut dengan setir kanan.

Chery Omoda 5 Dikomplain Konsumen

Chairman Chery Automobile Co., Ltd, Yin Tongyue mengatakan, Omoda 5 model penting bagi perusahaan, karena dipasarkan secara global, dan dikembangkan berdasarkan permintaan konsumen di seluruh dunia.

Setelah di pasarkan di China sebagai negara asalnya, mobil itu akan di ekspor ke sejumlah negara, di mana Rusia menjadi negara tujuan pertama dengan setir kiri, dan disusul negara lain.

Menariknya untuk setir kanan Indonesia menjadi negara kedua setelah Tiongkok yang menjual Omoda 5, setelah itu menyusul negara lain seperti Australia, dan Malaysia. 

Meski Malaysia urutan ketiga, namun baru-baru ini Omoda 5 kepergok kamera sedang uji coba di negara tetangga tersebut. Dilansir Paultan.org, Jumat 5 Agustus 2022, dari bocoran interiornya terlihat SUV itu menggunakan setir kanan.

Memiliki desain eksterior yang moderen, memainkan banyak lekukan di setiap sudut bodi, mulai dari depan sampai belakang.

Pada sektor interior diberikan kesan mewah dengan balutan bahan semi kulit di door trim, jok, konsol tengah, dan dashboard. Kursi penumpang depan, atau pengemudi mengusung model semi bucket.

Sitem hiburan dan panel intrumen untuk informasi kendaraan menyatu dengan masing-masing ukuran layar 12,1 inci layiknya produk Mercedes-Benz saat ini.

Untuk pasar China, SUV tersebut dipersenjatai mesin 1.600cc yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 197 PS dan torsi 290 Nm. Untuk mengajaknya berlari dari diam ke 100 kilometer per jam butuh waktu 7,8 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya