Mobil Listrik Murah Wuling Air ev Mulai Dirakit di Indonesia

Mobil listrik Wuling Air ev.
Mobil listrik Wuling Air ev.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Setelah beberapa waktu lalu diperkenalkan, akhirnya Wuling Air ev resmi masuk ke jalur produksi. Proses perakitan dilakukan secara lokal, yakni di pabrik PT SGMW Motor Indonesia yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Proses peluncuran produksi perdana dari mobil listrik tersebut, disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Ini produksi dan peluncuran perdana di Indonesia, belum ada di negara lain. Kami apresiasi ini adalah kendaraan EV (electric vehicle) yang diproduksi secara nasional, dan tidak minta macam-macam. Jadi, langsung diproduksi saja,” ujar Menko Airlangga, dikutip di lokasi Senin 8 Agustus 2022.

Airlangga menuturkan, komitmen Wuling menghadirkan mobil listrik berbasis baterai dalam waktu cukup singkat membuktikan bahwa kebijakan yang diambil oleh pemerintah dalam hal pemberian fasilitas kepada perusahaan otomotif yang mau mengembangkan EV sudah sangat tepat.

Menko Perekonomian, Airlangga mencoba mobil listrik Wuling Air ev.

Menko Perekonomian, Airlangga mencoba mobil listrik Wuling Air ev.

Photo :
  • Istimewa

Menko menuturkan, meski usia Wuling di Indonesia baru tujuh tahun namun pabrikan kendaraan itu sudah berhasil membuktikan bahwa mereka siap bersaing dengan para pemain besar lain.

“Saya berharap, PT SGMW yang mungkin baru sekitar tujuh tahun berdiri sudah bisa memimpin produksi EV di Indonesia. Dengan investasi US$1 miliar, jumlah karyawan 10 ribu orang dan luas area sebesar 60 hektare, bisa menjadi salah satu basis expor otomotif Indonesia,” tuturnya.