Wakapolri Punya Mobil Ikonik Buatan Jepang

Wakapolri Komjen, Gatot Eddy Pramono
Wakapolri Komjen, Gatot Eddy Pramono
Sumber :
  • Polri

VIVA Otomotif – Tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkap kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, di mana mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo menjadi tersangka.

Sebelum Ferdy Sambo diumumkan sebagai dalang kasus tersebut, pemeriksaan dilakukan berkali-kali, dan terakhir dipimpin langsung oleh ketua tim khusus, yaitu Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono.

Namanya menjadi sorotan lantaran timsus di bawah naungan Komjen Pol Eddy Pramono berhasil mengungkap kebenaran. Tapi di luar hal tersebut, ada sisi menarik soal ketertarikan jenderal bintang tiga itu terhadap otomotif.

Pasalnya, koleksi mobil yang terparkir di garasi rumahnya bukan main-main. Sebagian besar berjenis SUV, atau Sport Utility Vehicle yang biasa digunakan untuk off road.

Toyota Land Cruiser yang diduga milik Osama bin Laden

Toyota Land Cruiser yang diduga milik Osama bin Laden

Photo :
  • Zimbio.com

Berdasarkan laporan harta kekayaan yang diserahkan ke KPK, dikutip Rabu 10 Agustus 2022, jenderal bintang tiga itu diketahui memiliki dua unit Toyota Land Cruiser, satu unit Mini Cooper, dan satu unit Suzuki Jimny generasi terbaru.

Merangkum dari beberapa sumber, Land Cruiser milik Wakapolri termasuk model lawas. Dipersenjatai mesin diesel turbo berkapasitas 4.461cc, yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 232 dk, dan torsi puncak 616 Nm.

Tenaga besarnya itu disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan ke semua roda, atau all wheel drive. Mobil gagah yang mampu melahap medan off road tersebut didukung sejumlah teknologi canggih, dan fitur keamanan.

Diantaranya pengereman ABS (anti-lock braking system), dan EBD (electronic brake distribution agar mobil tidak selip saat rem mendadak, dan tetap stabil meski dilakukan di permukaan jalan tidak rata, atau ketika menikung.

Belum lagi dukungan dari brake assist control, dan electronic stability control rollover  yang membuat mobil tetap stabil saat bermanuver di jalan licin sekalipun.

Untuk membantu mobil agar tidak hilang kendali, atau merosot saat melewati tanjakan curam, dan turunan terjal tersedia fitur hill ascent control, dan hill descent control.

Sedangkan Suzuki Jimny generasi terbaru yang resmi dirilis pada 2019 lalu termasuk salah satu mobil ikonik dan fenomenal. Pasalnya untuk mendapatkan mobil itu konsumen perlu antre hingga bertahun-tahun karena keterbatasan unit.

Suzuki Jimny Sierra tampil di Tokyo Motor Show 2019

Suzuki Jimny Sierra tampil di Tokyo Motor Show 2019

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

Soal jantung pacu sama dengan Ertiga, empat silinder berkode K15B kapasitas 1.462cc. Tenaga maksimalnya 102 daya kuda di 6.000 rpm, dan torsi maksimum 130 Newton meter di 4.000 rpm dengan sistem pengabutan injeksi.