Mobil Baru Pesaing Fortuner dan Pajero Sport Meluncur Besok di RI

Nissan Terra baru meluncur di GIIAS 2022
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA Otomotif – Di Indonesia persaingan SUV, atau Sport Utility Vehicle kelas menengah masih dikuasai Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Pajero Sport. Sedangkan Nissan Terra yang sempat merecoki segmen itu, tidak mampu bertahan lama. 

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Pasalnya, Terra yang dibawa utuh dari Thailand ke Indonesia pada 2018 lalu hanya bertahan tiga tahun. PT Nissan Motor Distribution Indonesia sebagai produsen barunya, berhenti menjualnya karena ketersediaan unit.

Test drive Nissan Terra

Photo :
  • VIVA/Jeffy Yanto
Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan

Mengingat Terra di pasar global sudah mendapatkan pembaharuan, sehingga tidak ada lagi unit model lawas yang bisa di impor ke Indonesia. Sehingga memasuki 2021 mobil gagah pesaing Pajero Sport itu hilang dari pasar.

Namun tahun ini, mobil SUV tersebut akan kembali hadir dengan tampilan baru, dan akan diluncurkan 11 Agustus di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2022 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Melalui akun Instagram Nissan Indonesia, beberapa kali Terra baru diposting dalam wujud siluet dengan menghitung waktu peluncurannya.

“Bersiaplah untuk kejutan dari Nissan yang siap meramaikan GIIAS 2022. Hadir dalam tampilan gagah, nan mewah, siapakah dia?,” tulis keterangan statusnya.

Sebelumnya mobil SUV baru itu kepergok kamera diangkut truk, namun dalam versi modifikasi yang diduga akan dipamerkan di GIIAS. Foto tersebut diabadikan oleh satu satu warganet, dan diunggah di Instagram @indra_fathan.

Nissan Terra baru resmi diperkenalkan Desember 2020, sejumlah negara di bagian timur tengah yang pertama kali memasarkannya. Selanjutnya beberapa negara di Asia Tenggara, dan Thailand lebih dulu menjual SUV tersebut.

Mengutip situs resmi Nissan global, Rabu 10 Agustus 2022, sebelumnya mobil SUV tersebut mengadopsi platform berjenis F-Alpha. Kini rancang bangunnya menggunakan sasis tangga milik mobil kabin ganda, yakni Navara.

Jantung pacunya mendapatkan pembaharuan. Pasalnya untuk pasar Timur Tengah, menggunakan mesin diesel 4 silinder berkode QR25DE berkapasitas 2.500cc, tenaga maksimalnya 165 dk di 6.000 rpm, dan torsi puncak 241 Nm di 4.000 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi matik 7-percepatan ke roda belakang, atau keempat rodanya alias all wheel drive. Di Thailand, Terra disuntikkan mesin diesel twin turbo 2.300cc dengan tenaga lebih besar, yakni 187 Hp dan torsi 450 Nm.

Selain menyegarkan penampilan luarnya, sistem hiburan mobil perkawinan Navara itu mengandalkan head unit berukurran sembilan inci model layar sentuh. Dapat terhubung ke smartphone melalui aplikasi Apple CarPaly, dan Android Auto. 

Untuk panel intrumennya dibuat lebih mewah dan berwarna, berukurran tujuh inci. Sama seperti kompetitornya, Toyota Fortuner baru, Terra juga dilengkapi wireless charging untuk memudahkan pengiasan baterai gawai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya