Ada Mobil SUV Gagah dan Canggih di GIIAS 2022

Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2022
Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2022
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Daihatsu menjadi pabrikan otomotif pertama, yang menggelar konferensi pers di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022.

Pada ajang yang digelar di ICE BSD City, Tangerang itu, perusahaan asal Jepang tersebut memamerkan model Daihatsu Rocky Hybrid. Kendaraan ini sebelumnya sudah resmi dipasarkan di negara asalnya, pada tahun lalu.

Mobil yang masuk dalam kategori compact sport utility vehicle atau SUV itu, hadir dengan desain grille sarang lebah. Daihatsu juga menyematkan emblem e-Smart, sebagai penanda bahwa kendaraan itu dilengkapi dengan mesin hybrid yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar.

Jantung pacunya mengandalkan mesin tiga silinder berkapasitas 1.200cc, sama seperti yang dipakai di varian 1.2L yang dijual di Tanah Air namun dengan penambahan komponen hybrid.

Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2022

Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2022

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Mesin berbahan bakar pada Daihatsu Rocky Hybrid digunakan sebagai generator listrik, yang arusnya dialirkan ke baterai. Sementara itu, penggerak roda adalah tugas dari dinamo yang mengambil listrik dari baterai.

Secara dimensi tidak ada perbedaan antara versi standar dengan hybrid, panjangnya masih tetap 3.995 milimeter, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm. Bobotnya 90 kilogram lebih berat, dikarenakan adanya tambahan baterai sebagai sumber energi.

Dua fitur baru yang ada di bagian kabin, yakni rem parkir yang bisa diaktifkan melalui tombol serta adanya Auto Hold yang sangat berguna mencegah pegal saat berada di kemacetan.

Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, Yasushi Kyoda mengatakan bahwa Rocky Hybrid merupakan kendaraan yang dihadirkan oleh mereka dengan konsep ramah lingkungan.

“Daihatsu Rocky Hybrid yang diluncurkan tahun lalu di Jepang, merupakan mobil yang eco friendly,” ujarnya saat konferensi pers di GIIAS 2022, dikutip Kamis 11 Agustus 2022.