Nissan Terra Baru, Fortuner dan Pajero Sport, Siapa Lebih Unggul

New Nissan Terra meluncur di GIIAS 2022
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Nissan Terra hadir di Indonesia sejak 2018 lalu, namun mobil SUV, atau Sport Utility Vehicle itu sempat tidak dijual karena peralihan produsen baru Nissan, hingga model barunya yang sudah dirilis di negara asal impor.

Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan

Saat itu PT Nissan Motor Indonesia sebagai pemegang merek sebelumnya memboyong Nissan Terra dari Filipina, hingga akhirnya penjualan mobil tersebut diberhentikan, dan dilanjutkan mulai tahun ini.

Melalui produsen barunya, yaitu Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI), mobil SUV yang jadi pesaing Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Pajero Sport itu kembali hadir dalam versi barunya.

Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya

Nissan Terra facelift resmi diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2022 di ICE BSD, Kamis 11 Agustus kemarin.

“Sebagai produsen mobil terus berinovasi dengan menghadirkan kegembiraan lainnya bagi penggemar otomotif di Indonesia, dengan memperkenalkan SUV legendaris Nissan New Terra dengan tampilan yang gagah dan terbukti tangguh di medan berat,” ujar Sales dan Marketing Director NMDI, Tan Kim Piauw.

Bukan Fortuner, Nomor Pelat TNI yang Viral Ternyata Terdaftar untuk Pajero Sport

Ada beberapa ubahan yang terlihat dari sektor eksterior, namun hal yang menarik adalah soal jantung pacunya jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Terra yang dibangun menggunakan sasis tangga itu dipersenjatai mesin diesel empat silinder turbo berkode QR25DE berkapasitas 2.488cc, tenaga maksimalnya 165 dk di 6.000 rpm, dan torsi puncak 241 Nm di 4.000 rpm.

Spesifikasi tersebut, serupa dengan versi sebelumnya dan di pasar Timur Tengah. Memiliki transmisi matik 7-percepatan dengan pilihan penggerak roda belakang, dan empat roda, alias all wheel drive.

Artinya di atas kertas, Terra baru memiliki kapasitas enjin yang lebih kecil dari Toyota Fortuner diesel. Pasalnya, mobil SUV andalan Toyota itu dipersenjatai mesin berkode 1GD-FTV empat silinder 2.755cc.

Mesin yang didukung turbo, atau VNT Intercooler tersebut dapat menyemburkan tenaga maksimal 201 dk di 3.000-4.000 rpm, dan torsi 500 Nm di 1.600-2.800 rpm. Jaih lebih buas dibandingkan mesin SUV andalan Nissan.

Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport menggandalkan mesin diesel berkode 4N15 MIVEC berkapasitas 2.400cc VGT (Variable Geometry Turbo). Tenaga maksimalnya 181 PS di 3.500 rpm, dan torsi 430 Nm di 2.500 rpm. 

Ditawarkan dengan transmisi manual, dan matik dengan penggerak dua roda, dan empat roda. Meski secara mesin bersaing dengan Terra, namun tenaga dan torsinya masih jauh lebih besar Pajero Sport.

Padahal di Thailand, seperti diketahui Nissan Terra memiliki mesin diesel yang lebih bertenaga. Kapasitasnya 2.300cc namun didukung dua turbo, sehingga tenaga maksimalnya bisa mencapai 187 dk, dan torsi 450 Nm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya