Jangan Kaget Lihat Harga Mobil Listrik BMW di Indonesia

Mobil listrik baru BMW di GIIAS 2022
Mobil listrik baru BMW di GIIAS 2022
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Di Indonesia, jenis kendaraan mulai beralih dari mesin konvensional menjadi EV atau Electric Vehicle. Hal ini diperkuat oleh melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Dalam proses peralihan, perusahaan otomotif mewah yakni BMW Group Indonesia hadirkan dua produk baru berbasis listrik di pasar otomotif. Diketahui, kendaraan roda empat tersebut yakni iX dan i4.

President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan mengatakan melalui pameran GIIAS 2022 pihaknya resmi memperkenalkan kedua produk ramah lingkungan tersebut kepada para pengunjung. Hal ini sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap program pemerintah.

Peluncuran dua mobil listrik baru BMW di Indonesia.

Peluncuran dua mobil listrik baru BMW di Indonesia.

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

“Kami mengambil langkah nyata menuju mobilitas masa depan dengan BMW, tidak hanya dengan berfokus pada memperkenalkan kendaraan premium inovatif yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, tetapi juga dengan secara konsisten mendorong inovasi dan membangun kesadaran akan teknologi dengan energi terbarukan,” ujar Ramesh di ICE BSD, Tangerang, dikutip VIVA Sabtu 13 Agustus 2022.

Sebagai kendaraan baru, model iX menggunakan hasil dari keunggulan teknologi baru bernama eDrive generasi kelima yang dikembangkan oleh perusahaan. Teknologi ini berfungsi untuk kenikmatan pengalaman berkendara bebas emisi dengan penggerak semua roda elektrik dan jangkauan jarak yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan sehari-hari.

Sementara, untuk model i4 menawarkan tingkat koherensi desain yang tidak dapat ditandingi oleh para pesaingnya. Ini jauh lebih dari sekadar kendaraan listrik bertenaga yang mampu berakselerasi dengan cepat di lintasan lurus. Ditambah, adanya aplikasi terintegrasi membuat komponen powertrain dan sasis lebih baik.

Untuk performa, iX ini menghasilkan tenaga 326 daya kuda yang memungkinkannya untuk mencapai kecepatan dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik. Untuk model i4, dapat menghasilkan tenaga 345 daya kuda yang berakselerasi 0 hingga 100 km per jam dalam 5,7 detik.

Sebagai kendaraan listrik, kedua model ini memiliki jarak tempuh yang berbeda-beda, untuk iX memiliki jarak tempuh yang dihitung WLTP hingga 420 kilometer. Sementara, untuk i4 mempunyai jarak tempuh mencapai 580 kilometer. 

Bicara soal harga, kedua model ini juga mempunyai harga yang berbeda-beda. Pada model iX xDrive40 Sport dibanderol seharga Rp2,2 miliar, sedangkan untuk model i4 eDrive40 M Sport ditawarkan harga Rp1,9 miliar.