Pertama Kalinya Honda Mobilio 'Hilang' di GIIAS, Mau Suntik Mati?

Honda Mobilio di GIIAS 2019
Honda Mobilio di GIIAS 2019
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA Otomtif – Di booth Honda pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, ada mobil yang 'hilang' untuk dipamerkan ke publik. Untuk pertama kalinya, Honda tak memajang Honda Mobilio dalam pameran yang berlangsung dari 11-21 Agustus di ICE BSD, Tangerang.

Padahal dalam pameran otomotif yang diikuti oleh Honda, Mobilio selalu ikut serta. Mobil tersebut menjadi salah satu pilihan bagi konsumen yang akan memboyong pabrikan dengan logo H tersebut.

"Iya (pameran pertama tanpa Mobilio)," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy di GIIAS 2022, beberapa waktu lalu.

Tak adanya Honda Mobilio membuat isu akan disuntik matinya mobil tersebut mulai mengudara. Akan tetapi, Billy menegaskan bila absennya Mobilio tak mengisyaratkan putusan apapun dari Honda, dan masih tetap menjualnya.

"Jadi tidak maksud apa-apa, Mobilio itu masih kami jual. Tapi memang untuk sekarang, varian 7 penumpang fokus kami ke Low SUV," katanya.

Walau begitu, dia tak menampik bila pesanan Mobilio memang mengecil di Indonesia, bahkan pasarnya di bawah 5 persen. Maka itu, produksi Mobilio terpaksa harus dikorbankan dan mendahulukan Honda Brio yang memang lebih laku.

Pramuniaga berpose di samping Honda Mobilio keluaran terbaru di Jakarta, Kamis, 21 Februari 2019.

Pramuniaga berpose di samping Honda Mobilio keluaran terbaru di Jakarta, Kamis, 21 Februari 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

"Ya kan semua sudah tau kalau Mobilio komponennya chip sama dengan Brio. Sementara komponen itu sekarang sedang langka. Nah Brio permintaan tinggi, maka Mobilio mengalah,"  lanjut Billy.

Dia juga mengungkapkan bila pesanan Mobilio berasal dari konsumen pembelian borongan atau fleet. "Ya masih lumayan 250-400 unit satu bulan. Tapi sekali lagi untuk tujuh penumpang, fokus kami ke Low SUV saat ini," paparnya.