Teknologi IoT dan AI pada Kendaraan Diperkenalkan di Bali

Bus berteknologi IoT
Bus berteknologi IoT
Sumber :
  • Dok: TKDN

VIVA Otomotif – Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang bakal digelar di Bali, merupakan acara besar yang bisa mengangkat nama Indonesia semakin dipandang di dunia.

Sampai saat ini, masih banyak persiapan yang dilakukan termasuk beragam alat transportasi yang nanti akan digunakan oleh para delegasi maupun tim pendukung.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh PT Teknologi Karya Digital Nusa, di mana mereka berkolaborasi dengan Intelligent Transport System Indonesia melakukan product showcase perangkat Internet of Things guna mempersiapkan sistem transportasi yang aman dan canggih jelang perhelatan Presidensi G20 Indonesia.

Perangkat karya TKDN tersebut disebut dengan nama TKDN Advance Mobility atau TAM Fleet, dan sebelumnya sudah dipasang di beberapa bus. Selain IoT, alat ini juga memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence alias AI.

“Dengan teknologi berbasis IoT dan AI yang terintegrasi, kami berharap dapat membantu sektor pariwisata di Indonesia yang aman dan nyaman dari sisi transportasi,” ujar Direktur Utama TKDN, David Santoso melalui keterangan resmi, dikutip Senin 15 Agustus 2022.

Melalui showcase tersebut, TKDN memperkenalkan perangkat TAM Fleet AI yang berfungsi sebagai sensor dan pengawasan pengemudi guna meningkatkan keselamatan armada, penumpang dan pengemudi.

TKDN perkenalkan teknologi IoT dan Ai untuk kendaraan di Bali.

TKDN perkenalkan teknologi IoT dan Ai untuk kendaraan di Bali.

Photo :
  • Dok: TKDN