40 Tahun Hino di Indonesia, Berawal dari Truk Bantuan

Booth Hino di GIIAS 2022
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA – Hino menjadi salah satu pabrikan otomotif asal Jepang, yang bergerak dalam bidang produksi dan pemasaran kendaraan jenis truk di Indonesia. Perusahaan asal Jepang itu pada tahun ini merayakan 40 tahun eksistensi mereka di Tanah Air, dan memiliki sejarah yang cukup unik.

Korban Meninggal Kecelakaan Bus Rosalia Indah Bertambah Satu Orang, Ini Identitasnya

Hino pertama kali hadir di Indonesia pada 1967, di mana 150 unit Hino Bus BT51 dikirim oleh pemerintah Jepang untuk bantuan kepada pemerintah Indonesia. Baru pada 1982, perusahaan PT Hino Indonesia Manufacturing berdiri.

Produk pertama mereka adalah mesin H07C-D4, yang hadir pada 1985. Kemudian diikuti truk FF 172/173 LA, dan satu tahun berikutnya hadir Hino Bus AK bermesin depan.

Arus Balik Lebaran, Sopir Bus di Terminal Gayatri Tulungagung Kedapatan Positif Narkoba

Sejarah warna hijau dimulai pada 1989, lewat model FF172/173MA. Tahun berikutnya, muncul Hino Bus RK 174LA yang menjadi bus bermesin belakang pertama di Tanah Air dan laku keras di pasaran nasional.

Hino R260 Avante Bodi Aluminium

Photo :
Ahli Waris 7 Korban Kecelakaan Bus Rosalia Indah Terima Santunan dari Jasa Raharja

Kiprah Hino di dunia truk semakin melesat, saat mereka memperkenalkan Hino Jumbo Ranger FL176 MA dan FM226MD pada 1991. Ini menjadi cikal bakal dari model Ranger FL dan FM JD, yang kemudian memimpin pasar selama 22 tahun.

Selain memproduksi kendaraan untuk kebutuhan dalam negeri, mereka juga merakit unit untuk dikapalkan secara utuh ke 19 negara di seluruh dunia.

Tahun ini, Hino memanfaatkan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022 untuk meluncurkan produk baru di segmen pikap, yakni Hino200. Selain itu, mereka juga memajang truk listrik Hino Dutro Z EV.

Semua unit truk dan bus Hino yang dipamerkan sudah menggunakan mesin diesel dengan standar Euro 4, dan mereka menjadi yang pertama melakukannya yakni pada Maret lalu. 

Truk kecil Hino200 di GIIAS 2022

Photo :
  • Dok: HMSI

“Kami terus mengembangkan dan berinovasi, untuk menghadirkan kendaraan yang tepat sesuai dengan segmentasi bisnis para pengusaha di Indonesia. Pencapaian Hino di Tanah Air mampu memimpin pasar medium duty truck, karena Hino terbukti tangguh dan meningkatkan keuntungan di tangan,” ujar After Sales Director PT Hino Motor Sales Indonesia, Irwan Supriyono di ICE BSD City, Tangerang, dikutip Sabtu 20 Agustus 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya