Bus Trans Jatim Kini Pakai Teknologi ADAS

Bus Trans Jatim yang dilengkapi teknologi IoT
Bus Trans Jatim yang dilengkapi teknologi IoT
Sumber :
  • Dok: TKDN

VIVA Otomotif – Layanan transportasi di wilayah Jawa Timur semakin canggih, dengan dihadirkannya unit terbaru bus armada Trans Jatim yang merupakan Program Unggulan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

Bus unit Trans Jatim ini dilengkapi dengan perangkat Internet of Things TKDN Advance Mobility atau TAM Fleet, yang dapat meminimalisir risiko kecelakaan lalu lintas.

Peluncuran Koridor 1 Trans Jatim rute Sidoarjo-Surabaya- Gresik diselenggarakan di Terminal Tipe C Porong-Sidoarjo, yang dihadiri oleh Presiden Direktur TKDN, David Santoso serta dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"TKDN bekerja sama dengan Trans Jatim untuk menyediakan alat-alat IoT TAM Fleet, yang berfungsi sebagai sensor dan pengawasan pengemudi. Perangkat IoT ini terbukti meningkatkan keselamatan armada,” ujar David melalui keterangan resmi, dikutip Minggu 21 Agustus 2022.

Peluncuran armada bus Trans Jatim berteknologi IoT

Peluncuran armada bus Trans Jatim berteknologi IoT

Photo :
  • Dok: Jatimprov

"Koridor 1 ini telah disediakan 22 unit bus Trans Jatim ukuran sedang, dan akan terus kami tambah untuk memaksimalkan pelayanan transportasi publik,” kata Kofifah menambahkan.

Beberapa alat berteknologi IoT yang disediakan yakni MDVR, CCTV, Driver Safety Monitoring (DSM), Advanced Driver Assistance System (ADAS), Indicator R-Watch, Touch Panel dan Reverse Camera.