Lebih Mahal dari Avanza, Mobil MPV Ini Gak Bisa Terjual Banyak?

KIA Carens di Jakarta Auto Week 2022.
Sumber :
  • Dok: Seven Event

VIVA Otomotif – Mobil MPV, atau Multi Purpose Vehicle masih menjadi primadona di pasar Indonesia. Tidak heran jika setiap produsen berlomba-lomba merilis produk sejenis dengan harga berbeda-beda, sesuai spesifikasi, dan target pasar.

Toyota Innova Terbaru Resmi Meluncur dengan Harga Rp400 Jutaan

All New Kia Carens menjadi salah satu pendatang baru di ceruk pasar MPV. Mobil keluarga tersebut resmi diluncurkan PT Kreta Artha Indo (KIA) di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2022.

Peluncuran resmi KIA Carens di GIIAS 2022

Photo :
  • KIA
Terpopuler Otomotif: Daftar Mobil MPV Mewah Terlaris, Angkot Lawan Arus Digeber Lamborghini

Marketing & Development Division Head PT KIA, Ario Soerjo mengatakan, sebelum hadir di GIIAS, Kia Carens terbaru sudah diperkenalkan lebih dulu dalam pameran Jakarta Auto Week pada Maret tahun ini.

“Kini kami secara resmi meluncurkan Kia Carens di Indonesia sebagai MPV keluarga terbaru yang tampil menonjol di kelasnya," ujar Ario Soerjo di ICE BSD, Tangerang dikutip, Selasa 23 Agustus 2022.

Mobil Korea Semakin Diminati di Indonesia

Ditawarkan dua varian, harga Carens tipe 1.5L IVT 7-seater Rp389 juta, dan tipe 1.4L Turbo DCT Captain Seat Rp449 juta. Untuk harga termahal dipersenjatai mesin turbo berkapasitas 1.400cc bertenaga 140 PS, dan torsi 242 Nm.

Sedangkan tipe terendah memiliki mesin serupa dengan segmen Low MPV layiknya All New Avanza, atau Mitsubishi Xpander. Jenama asal Korea Selatan itu menanamkan enjin non turbo 1.500cc dengan tenaga 115 PS, dan torsi 144 Nm.

Lebih lanjut Ario menjelaskan, konsumen yang sudah melakukan pemesanan sebelum GIIAS baru akan mendapatkan unit di bulan ini. Di mana pengiriman pertama akan dilakukan pada akhir Agustus.

“Kita sudah mulai melakukan pengiriman bulan ini, seharusnya akhir bulan sudah diantar ke konsumen. Impor dari India, targetnya enggak banyak-banyak, beberapa ratus unit,” tuturnya.

Menurutnya mobil MPV terbaru itu akan mengisi kekurangan segmen yang sebelumnya tidak dimiliki Kia. Sehingga dengan hadirnya beberapa produk baru, diharapkan penjualan keseluruhan tahun ini serupa dengan sebelumnya.

“Kalau ngomongin Kia ingin recover saja sama penjualannya kayak tahun lalu. Tahun lalu kita kan di angka hampir 3.000 unit, total. Kalau untuk Kia Carens mengisi kekurangan aja lah,” sambungnya.

Mobil keluarga andalan Kia itu memiliki dimensi panjang 4.540 mili meter, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.700 mm, dengan jarak sumbu roda 2.780 mm atau lebih lanjang 30 mm dari generasi sebelumnya.

Desain eksteriornya lebih moderen, bagian depan sekilas mirip Sportage terbaru dengan bahasa desain Opposites United, dilengkapi penerangan utama LED.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya