Rest Area di Indonesia Semakin Lengkap dan Canggih

Rest Area Pendopo KM 456
Sumber :
  • Dok: AMS

VIVA Otomotif– Rest area menjadi tempat yang paling dicari oleh para pengguna jalan tol, terutama yang membutuhkan istirahat atau mengisi bahan bakar.

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung, Pemudik Diimbau Kooperatif Ikuti Arahan Petugas

Awalnya tempat ini hanya menyediakan fasilitas yang terbatas, seperti toilet dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. Namun, kini rest area sudah berkembang pesat dengan layanan yang lebih lengkap.

Seperti yang ditawarkan oleh Rest Area Pendopo KM 456 Jalan Tol Solo-Semarang, tempat peristirahatan dan destinasi wisata ini merupakan garapan PT Astari Marga Sarana, sebagai salah satu anak perusahaan Astra Property.

Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak

Diapit oleh lima gunung ikonik di Jawa Tengah, Resta Pendopo KM 456 terus berinovasi untuk menghadirkan fasilitas-fasilitas terbaik bagi pengunjung. Mengusung konsep One stop services under one roof, tempat ini menawarkan fasilitas mulai dari berbagai gerai kuliner, pusat oleh-oleh hingga gerai fashion.

Pembuatan eco enzyme di Rest Area Pendopo KM 456

Photo :
  • Dok: AMS
Ada Taman Lalu Lintas di 7 Rest Area Ini

Tidak hanya itu, pengelola juga terus melakukan inovasi untuk memudahkan para pengunjung sekaligus mendukung gerakan ramah lingkungan.

Contohnya yakni menghadirkan bank sampah plastik, yang bertujuan membantu target nasional pengurangan sampah sebanyak 30 persen dan penanganan sampah sebanyak 70 persen pada 2025, serta pengurangan sampah plastik laut 70 persen.

“Kami tidak ingin produksi sampah di Resta tidak terkelola dengan baik dan menjadi permasalahan baru. Kita harus mendukung program pemerintah dalam hal penanganan sampah,” ujar Direktur PT Astari Marga Sarana, Daisy Setiawan melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 23 Agustus 2022.

Presiden Direktur PT Astari Marga Sarana, Michale Atmoko menambahkan bahwa pihaknya juga membuat eco enzyme dengan memanfaatkan limbah kulit buah. Hasilnya bisa dipakai sebagai cairan pembersih lantai, serta pupuk.

Pengurangan penggunaan kertas diterapkan dengan cara memanfaatkan teknologi digital dalam pemesanan makanan di gerai UMKM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya