Diam-diam Wuling Siapkan Mobil Baru Irit BBM Untuk Indonesia

Wuling Almaz RS
Sumber :
  • Dok: Wuling Motors

VIVA Otomotif – Wuling Motors menjadi salah satu merek mobil asal China yang serius menancapkan kuku bisnisnya di pasar Indonesia. Selain menawarkan mobil bermesin bahan bakar, mereka juga menjual kendaraan listrik murni.

Pakar Sebut Fakta Mengejutkan soal BBM Pertalite

Memanfaatkan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS, jenama asal Tiongkok itu resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya, yaitu Wuling Air ev, pada 11 Agustus 2022 di ICE BSD, Tangerang.

Tidak berhenti sampai di situ, demi melebarkan sayapnya di segmen kendaraan rendah emisi, dan irit BBM, merek berlogo lima berlian itu diam-diam mempersiapkan teknologi hybrid untuk Almaz.

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

Berdasarkan informasi dari Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM, Wuling sudah mendaftarkan hak paten Almaz Hybrid, pada 13 Agustus 2022.

Saic-General Motor-Wuling Automobile Co., Ltd atau SGMW tercatat sebagai pendaftar nama tersebut dengan nomor permohonan DID2022060538, beralamat di Hexi Road No.18, Liunan District, Liuzhou, Guangxi, China.

Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan

Saat dikonfirmasi Viva, Senin 29 Agustus 2022 terkait nama produk baru tersebut, Brand & Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani memilih bungkam.

Tidak ada informasi terkait spesifikasi Almaz Hybrid yang dimaksud, namun berkaca dari produk mereka di negara asalnya, Wuling memiliki Xingchen Hybrid. Di mana secara platform serupa dengan Almaz di pasar Indonesia.

Melansir Carnewschina, Xingchen Hybrid hadir menjadi pesaing Honda HR-V e:Smart. Memanfaatkan motor listrik dengan mesin bensin 2.000cc, yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 174 dk, dan torsi 320 Nm.

Berdasarkan pengujian internal, mobil SUV atau Sport Utility Vehicle itu hanya membutuhkan bahan bakar satu liter untuk berjalan 21,7 kilometer. Sementara untuk mengajaknya berlari dari diam ke 100 km per jam butuh waktu 7,8 detik.

Selain versi ramah lingkungan, Xingchen juga ditawarkan dalam versi konvensional, mengandalkan mesin bensin 1.500cc serupa dengan Almaz.

Diketahui, Almaz yang dipasarkan di Indonesia menjadi satu-satunya SUV andalan Wuling. Dilengkapi segudang teknologi canggih, namun harganya tetap terjangkau.

Untuk versi standarnya ditawarkan empat varian, harganya Rp279,500 juta, sampai Rp330,800 juta. Memiliki konfigurasi lima penumpang, dan tujuh penumpang, dilengkapi fitur perintah suara, atau Wuling Indonesian Command.

Sedangkan Almaz RS hadir dalam tiga varian, harganya Rp367,100 juta, sampai Rp399,200 juta. Menjadi mobil Wuling pertama di RI yang dilengkapi teknologi ADAS, atau Advanced Driver Assistance System, dan Internet of Vehicle.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya