Tesla Pasang Fasilitas Kendaraan Listrik di Rumah Warga Jepang

Ilustrasi garasi mobil berbayar di tengah pemukiman warga di Jepang
Ilustrasi garasi mobil berbayar di tengah pemukiman warga di Jepang
Sumber :
  • viva.co.id/ Pius Mali

VIVA Otomotif – Saat ini kendaraan berbasis listrik mulai ditingkatkan penggunaannya di beberapa negara. Seiring proses tersebut, perlu adanya fasilitas yang memadai untuk mendukung kendaraan ramah lingkungan bisa digunakan, salah satunya tempat pengisian daya listrik.

Baru-baru ini, Tesla Inc tengah memasang fasilitas pengisian daya kendaraan EV yakni pembangkit listrik tenaga matahari PowerWall di rumah warga yang ada di Jepang. Hal itu diterapkan untuk mempermudah pengguna produknya, dalam mendapatkan sumber bahan energi listrik.

Dikutip VIVA dari The Verge, Selasa 30 Agustus 2022, pembangkit listrik ini merupakan virtual yang digagas oleh Elon Musk untuk meningkatkan penggunaan produknya. Sudah ada 300 unit Powerwall yang terpasang di pulau Miyako-jima sejak tahun lalu hingga sekarang.

Ilustrasi gambar tempat pengisian kendaraan listrik

Ilustrasi gambar tempat pengisian kendaraan listrik

Photo :
  • PT PLN

Perusahaan asal Amerika tersebut mengklaim, rencana ini merupakan pembangkit listrik virtual komersial terbesar di Jepang. Hal itu menjadi bentuk komitmen perusahaan dalam menyediakan fasilitas untuk konsumen.

Dalam proses pengembangan, pembangkit listrik virtual (VVP) memanfaatkan panel surya dan baterai PowerWall lithium-ion keluaran perusahaan yang dapat dipasangkan di sekitar rumah. Cara ini terbilang efisien untuk penggunaan kendaraan listrik.

Perlu diketahui, kekuatan yang dihasilkan oleh sistem individual tersebut akan menyediakan listrik ke tempat pemasangannya. Selain itu, sistem akan mengirim daya ekstra ke jaringan untuk didistribusikan ke daerah lain sesuai kebutuhan.