Sengitnya Persaingan Mobil Niaga di Indonesia

Daihatsu Gran Max baru edisi 2022
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Otomotif – Pasar otomotif di Indonesia tidak hanya diisi oleh kendaraan pribadi saja, namun juga model yang dirancang untuk menjalankan usaha. Jenisnya beragam, mulai dari pikap hingga minibus dan blind van.

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Berbeda dengan mobil pribadi yang dibuat untuk memaksimalkan kenyamanan, kendaraan niaga memiliki desain yang standar. Fokus pengembangan dilakukan pada bagian mesin dan fungsi, supaya bisa memberikan keuntungan lebih pada pemiliknya.

Seperti yang dilakukan oleh Daihatsu, saat merancang generasi terbaru dari mobil niaga andalan mereka yakni Daihatsu GranMax yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

Chery Perluas Jaringan Diler di Kota Satelit Jakarta

Untuk versi yang mengusung mesin berkapasitas 1.500cc, jantung pacunya diganti dengan model terbaru berkode 2NR-VE sama seperti yang dipasang di All New Xenia dan New Terios. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal 97 daya kuda, bertambah dua dk dari versi lama. Sementara, torsinya mencapai 134 Newton meter.

“Dibandingkan dengan sebelumnya, GranMax baru ini lebih irit lima persen,” ujar Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi saat sesi peluncuran Daihatsu GranMax baru di Jakarta Selatan, dikutip Rabu 31 Agustus 2022.

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Marketing and Customer Relations Division head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso mengungkapkan bahwa Daihatsu GranMax telah sukses menjadi mitra bisnis para pelaku usaha di Indonesia, dan telah terjual lebih dari 700 ribu unit sejak diluncurkan perdana pada 2007.

Meski demikian, kesuksesan tersebut tidak diraih dengan mudah. Persaingan di segmen kendaraan niaga, kata Hendarayadi begitu sengit terutama soal harga.

“Harga ada yang namanya on the road, seperti yang ada di pricelist. Tapi, ada juga yang namanya market price, yaitu harga on the road dikurangi diskon,” tuturnya.

Hendrayadi mengungkapkan, banderol Daihatsu GranMax saat ini lebih murah dari kompetitor. Meski demikian, pesaing mereka berani menawarkan potongan harga yang lebih besar.

“Jadi, saya bilang kompetisinya sangat keras sekali di segmen ini. Pasar GranMax saat ini sudah bagus, tinggal mempertahankan suplai dari ADM minimal empat ribu unit per bulan,” jeasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya