Gak Nyangka, Harga Bekas Mobil Gagah Ini Lebih Mahal Dari Barunya

Toyota Land Cruiser J300
Sumber :
  • Creative311

VIVA Otomotif – All New Land Cruiser 300 resmi meluncur di Indonesia pada 14 Januari 2022. PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai produsen menawarkan mobil gagah itu dalam dua varian dengan harga mulai Rp2,389 miliar.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Mobil itu dibawa utuh dari Jepang ke Indonesia, maka ada banyak pajak, dan ongkos pengiriman yang perlu ditanggung sehingga banderolnya jauh lebih mahal dari negara aslinya.

All New Toyota Land Cruiser

Photo :
  • Dok: Toyota
Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang

Memiliki penampilan yang lebih moderen, LC300 terbaru memiliki bobot lebih ringan 200 kilogram berkat rangka baru yang didesain ulang dari platform TNGA, atau Toyota New Global Archiceture.

Bahan material bodi dibuat lebih ringan, dan struktur suspensi depan, dan belakang direvisi untuk meningkatkan kenyamanan berkendara di segala medan jalan.

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Sistem keamanan Land Cruiser L300 didukung TSS, atau Toyota Safety Sense, sama seperti model terbaru di kelas lain. Di dalam teknologi tersebut terdapat fitur-fitur penunjang keselamatan saat berkendara di kondisi tertentu.

Dipersenjatai mesin diesel enam silinder, atau V6 berkapasitas 3.346cc yang lebih buas. Tenaga maksimalnya mencapai 305 PS di 4.000 rpm, dan torsi puncak 700 Nm di 1.600-2.600 rpm dengan penggerak empat roda.

Bermodal perubahan tersebut, mobil SUV, atau Sport Utility Vehicle kelas premium itu berhasil menyedot perhatian orang kaya di beberapa negara. Bahkan kapasitas produksi tidak sesuai dengan jumlah pemesanan.

Sehingga konsumen perlu inden untuk mendapatkan unit, mengingat Land Cruiser generasi terbaru itu hanya diproduksi di Jepang.

Dalam keterangan resmi Toyota global pada Januari 2022, dijelaskan bahwa konsumen yang melakukan pemesanan di awal tahun ini baru akan mendapatkan unit hingga empat tahun ke depan.

“Kami akan melakukan yang terbaik untuk mempersingkat waktu pengiriman ke pelanggan kami di dunia,” tulis keterangannya.

Oleh sebab itu, beberapa pedagang nakal memanfaatkan momentum tersebut dengan membanderol harga bekasnya dua kali lipat lebih mahal, dari kondisi baru seperti yang terjadi di negara asalnya.

Melansir Carscoops, Minggu 4 September 2022, harga bekas Land Cruiser di negeri sakura pada akhir bulan lalu rata-rata 17,05 juta yen, atau setara Rp1,8 miliar. Jauh lebih mahal dari banderol barunya di negara tersebut.

Tidak heran, karena SUV tujuh penumpang itu sudah mengantongi satu juta pemesanan di Jepang, artinya mewakili sepertiga dari produksinya untuk pasar domestik. Maka konsumen perlu menunggu hingga empat tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya