BBM Naik, Ini Pilihan Mobil Bekas Harga Murah yang Irit BBM

Ilustrasi mobil bekas
Sumber :
  • Carimobil

VIVA Otomotif – Kenaikan bahan bakar minyak, atau BBM masih menjadi sorotan publik. Pemerintah melalui Pertamina resmi menaikkan harga Pertalite sebagai BBM bersubsidi, dari Rp7.650 ribu per liter, menjadi Rp10 ribu per liter.

H-3 Lebaran Konsumsi BBM Naik, Pertamax Tertinggi

Kemudian Solar dari Rp5.150 menjadi Rp6.800 per liter, bukan hanya itu Pertamax sebagai bahan bakar non subsidi juga ikut naik dari Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter.

SPBU Pertamina

Photo :
  • Pertamina
Pertamina Sediakan Motoris Isi Bensin Pemudik di Tol Semarang-Solo

Dengan kondisi tersebut, tidak menutup kemungkinan mobil bekas yang memiliki efisiensi BBM cukup baik akan menjadi incaran. Dari segmen bawah ada beberapa pilihan, salah satunya jenis LCGC, atau Low Cost Green Car.

Sebelum membeli mobil bekas, bukan hanya kondisi saja yang menjadi perhatian utama. Tapi efisiensi BBM memang kerap menjadi pertimbangan konsumen, terlebih untuk digunakan untuk sehari-hari.

Dirut Pertamina Jamin Suplai Avtur Penuhi Kebutuhan Periode Libur Lebaran 2024

Pada dasarnya untuk mendapatkan efisiensi spesifikasi mesin menjadi penunjang utama. Namun gaya berkendara juga menjadi salah satu tolak ukur yang menentukan mobil tersebut irit, atau tidak, hingga kondisi jalan.

Ada beberapa mobil yang memang diciptakan agar irit bahan bakar. Seperti halnya LCGC, di mana dalam aturan pemerintah mobil jenis tersebut wajib memiliki konsumsi BBM minimal 20 kilometer per liter.

Juru taksir mobil bekas salah satu platform jual beli online, Riswan Susilo mengatakan, mobil-mobil yang irit BBM memang sedang menjadi perhatian sejak kenaikkan tersebut, namun ada banyak pilihan salah satunya di segmen LCGC.

Tercatat ada beberapa brand yang menawarkan model tersebut, dari jenis city car ada Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan Honda Brio. Sedangkan jenis MPV, atau Multi Purpose Vehicle dengan tiga baris, yaitu Calya, dan Sigra.

“Brio paling stabil tahun 2016-2017 di atas Rp120 juta tipe E CVT, kalau Agya atau Ayla di bawah itu,” ujarnya kepada Viva, Senin 5 September 2022.

Daftar harga mobil LCGC bekas:

Honda Brio E CVT 2017: Rp125 juta

Honda Brio E matik 2014: Rp110 juta

Toyota Agya G matik 2014: Rp90 jutaan

Daihatsu Ayla X matik 2014: Rp80 jutaan

Toyota Calya G matik 2018: Rp115 juta

Daihatsu Sigra D manual 2018: Rp80 jutaan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya