Ini Risikonya Jika Mobil Sering Kena Macet

Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rifki N

VIVA Otomotif – Jalanan macet adalah kondisi yang tak bisa dihindari ketika mengemudi mobil di kota besar, tak hanya membuat stres, tapi juga punya efek jelek bagi mobil.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Seperti dikutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, Rabu 7 September 2022, ketika mobil yang terjebak macet dalam waktu yang cukup lama, akan memicu terjadinya seperti mesin overheat.

Overheat terjadi lantaran mesin mobil bekerja terlalu keras dan mesin terlalu panas, terlebih jika dengan kondisi pada komponen pendingin mesin tidak optimal.

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Gejala paling umum ketika mobil overheat adalah kendaraan sulit digas, makanya supaya mesinnya tidak overheat, selalu cek kondisi komponen pendingin seperti radiator, kipas radiator, sirkulasi air, dan kipas AC masih berfungsi dengan baik.

Ilustrasi mesin mobil overheat.

Photo :
  • Autogook
Hyundai Santa Fe Baru Tertangkap Kamera sedang Tes Jalan di Jakarta

Macet tak hanya membuat rugi secara waktu, namun rugi secara biaya. Hal ini disebabkan pada saat terjebak macet, penggunaan bahan bakar akan lebih boros dari pada kondisi jalan normal.

Dalam posisi terjebak macet, mesin harus tetap bekerja tanpa bergerak dan sering melakukan stop and go. Jika hal ini terjadi terus-terusan, bukan tidak mungkin biaya opersional harian jadi semakin melambung tinggi.

Pada saat macet, mobil akan berada pada kondisi diam atau bergerak lambat. Pada posisi tersebut, seluruh kinerja mesin tetap bekerja dengan normal, artinya oli mesin akan tetap terus bersirkulasi layaknya mobil sedang berjalan.

Proses pelumasan setiap komponen yang bekerja dan bergesekan tetap berjalan, meskipun jarak tempuh mobil tidak bertambah. Inilah yang menyebabkan oli jadi lebih cepat berkurang kualitasnya dan lebih cepat jenuh.

Oleh karena itu, bagi yang sehari-harinya sering berkendara dan terjebak macet berjam-jam, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk penggantian oli yang lebih cepat dari jarak penggantian normal untuk menjaga mesin tetap prima.

Mobil yang sering kena macet perlu mendapatkan perawatan ekstra. Pilihlah bengkel mobil terdekat yang memiliki reputasi baik seperti bengkel resmi. Selain itu, mobil bertransmisi matik punya potensi bermasalah pada bagian remnya.

Hal ini disebabkan sistem kerja mobil matik yang dapat bergerak maju bahkan tanpa digas sekalipun, membuat pengemudi hanya bisa mengandalkan pedal rem berhenti dan mengatur laju kendaraan.

Pastikan selalu memeriksa kondisi rem setiap saat, terutama sebelum berkendara ke titik yang memang rawan kemacetan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya