Mobil Raja Inggris Penerus Ratu Elizabeth, Bahan Bakarnya dari Anggur

Pangeran Charles jadi Raja Inggris menggantikan sang ibunda Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • AP Photo/Jeff Chiu

VIVA Otomotif – Ratu Elizabeth II meninggal di Kastil Balmoral, Skotlandia saat berusia 96 tahun, Kamis 8 September 2022. Secara otomatis putra pertamanya, yaitu Pangeran Charles III menjadi penerus takhta Kerajaan Inggris.

Diecast Bukan Sekadar Mainan Semata

Raja Charles sudah terbiasa dengan kehidupan mewah, maka tidak heran jika koleksi kendaraan putra sulung mendiang Ratu Elizabeth II itu kerap menjadi sorotan.

Mengutip Hotcars, Jumat 9 September 2022, ada beberapa mobil mewah yang terparkir di dalam garasi rumahnya. Sebagian besar buatan negaranya sendiri, yaitu Aston Martin, hingga Jaguar dengan tipe berbeda-beda.

Neta Pamer Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan

Salah satu mobil yang memiliki sejarah panjang, dan cukup unik adalah Volante DB6. Mobil coupe yang pertama kali diproduksi pada 1965 tersebut adalah pemberian dari Aston Martin saat Charles berulang tahun ke-21.

Volante DB6 milik putera mahkota itu sempat digunakan untuk mobil pernikahan Pangeran Wiliam, dan Kate Middleton. Yang unik, mesin berbahan bakarnya tidak lagi menggunakan bensin namun diubah menjadi bioetanol.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Bahan bakar yang mengandalkan alkohol sebagai senyawa pengganti oktan tersebut berasal dari minuman berbahan dasar anggur, alias wine.

Merangkum dari beberapa sumber, Aston Martin Volante DB6 hanya diproduki 1.788 unit di dunia selama lima tahun sejak diluncurkan. Mobil generasi penerus DB5 itu dipersenjatai mesin segaris enam silinder.

Enjin berkapasitas 3.995cc itu dapat menyemburkan tenaga maksimal 282 dk di 5.500 rpm, dan torsi 379,6 Nm di 4.500 rpm. Disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan buatan ZF, dan matik 3-percepatan Borgwaner.

Mantan suami Putri Diana itu juga memiliki  Aston Martin Vantage V8 sejak 1989. Mobil atap terbuka itu kabarnya hadiah dari Syekh asal Bahrain, Isa Bin Salman Al-Khalifa.

Vantage V8 pertama kali meluncur pada 1986 di Brimingham Motor Show, bentuknya lebih berotot layiknya muscle car. Pada masanya, mobil tersebut salah satu paling kencang di jalan raya dengan kecepatan maksimal 257 kilometer per jam (kpj).

Pabrikan berlogo sayap itu hanya memproduksi 167 unit untuk pasar global selama tiga tahun, dan paling banyak di impor ke Amerika Serikat di mana saat itu sedan bertenaga besar tersebut sedang digandrumi.

Megadopsi mesin delapan silinder dengan konfigurasi V8, berkapasitas 5.341cc DOHC. Mesin yang masih mengandalkan karburator itu dapat menyemburkan tenaga 400 dk di 6.000 rpm.

Tenaga besarnya itu di tranfser dari transmisi manual 5-percepatan ke roda belakang. Untuk mengajaknya berlari dari diam ke 100 kpj, hanya butuh waktu kurang dari 5,3 detik.

Raja Charles juga memiliki mobil listrik, yaitu Jaguar i-Pace pada 2018 lalu. Mobil SUV, atau Sport Utility Vehicle ramah lingkungan itu dibeli menggunakan uang pribadinya, di mana saat itu banderolnya 60 ribu pound sterling, atau Rp1 miliaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya