Fuso Luncurkan Truk Baru yang Super Canggih

Generasi terbaru dari truk Mitsubishi Fuso eCanter.
Sumber :
  • Dok: MFTBC

VIVA Otomotif – Stigma sebagai kendaraan yang menghasilkan asap pekat, sudah sangat melekat pada truk. Hal ini tidak mengherankan, mengingat kendaraan tersebut menggunakan bahan bakar jenis diesel yang identik dengan polusi.

Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Penyebab Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Para produsen kendaraan niaga kemudian berupaya mencari solusi, dan salah satu yang sedang aktif dikembangkan yakni menghadirkan truk listrik. Seperti yang dilakukan oleh Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation, yang saat ini memiliki satu model kendaraan niaga bebas emisi dan diberi nama Fuso eCanter.

Model tersebut sudah dijual di banyak negara sejak 2017, dan saat ini sedang diuji jalan di Pulau Bali untuk melihat potensi digunakan di Indonesia.

Sopir Truk Ugal-ugalan Penyebab Kecelakaan Beruntun di GT Halim Jadi Tersangka

Dikutip dari keterangan resmi MFTBC, Selasa 13 September 2022, setelah lima tahun akhirnya perusahaan asal Jepang itu memutuskan untuk meluncurkan generasi terbaru Fuso eCanter.

Banyak ubahan yang dilakukan, seperti memasang motor listrik pada sumbu roda untuk meningkatkan efisiensi hingga merancang desain baterai dengan konsep modular, sehingga pemilik bisa memasang tempat penyimpan daya listrik itu sesuai kebutuhan.

Sisi Lain Tabrakan Beruntun di Gerbang Tol Halim

Setiap baterai bisa menyimpan daya setrum sebanyak 41 kilo Watt hours, yang dapat digunakan untuk menempuh jarak 80 kilometer. Jika dua baterai dipasang, maka jangkauannya bertambah menjadi 140 km dan tiga baterai 200 km.

Teknologi Advanced Driver Assistance System atau ADAS yang banyak disematkan di mobil pribadi, juga tersebut di Fuso eCanter. Sistem ini dihadirkan untuk menjaga agar kendaraan tetap aman selama melintas di jalan.

Beberapa fitur canggih yang dipasang seperti Active Sideguard Assist yang akan melakukan pengereman mendadak, apabila ada obyek di area blindspot saat truk berbelok.

Kemudian Active Brake Assist 5, yang akan mengaktifkan rem secara otomatis saat jarak dengan obyek di depan terlalu dekat. Fitur ini juga berfungsi pada penyeberang jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya