Langkah Jitu Agar Bisa Disetujui Kredit Mobil Baru

Ilustrasi diler mobil Toyota
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA Otomotif – Meskipun mobil kini sebuah alat transportasi untuk menunjang kebutuhan mobilitas, tapi tidak semuanya mampu membeli tunai, sehingga kredit mobil menjadi jalan alternatif untuk meminang kendaraan roda empat dengan menyesuaikan kondisi keuangan.

Terpopuler: Penumpang Kendaraan Dicari Netizen, Mobil Baru Harga Rp60 Jutaan

Perusahaan pembiayaan atau leasing menyediakan sejumlah paket yang bisa disesuaikan dengan kemampuan konsumen. Mulai dari angsuran per bulan, DP (Down Payment), dan jangka waktu kredit alias tenor.

Namun sebelum mengajukan kredit, ada beberapa langkah atau tahapan yang wajib diketahui oleh konsumen. Tentu hal pertama yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan paket angsuran yang disediakan.

8 Mobil Baru Rp100 Jutaan per April 2024

Kemudian membayar booking fee, atau mengisi formulis surat pemesanan kendaraan. Melansir keterangan resmi Auto2000 sebagai jaringan diler Toyota, setelah itu diler akan melakukan pemeriksaan stok kendaraan yang dipesan.

Pengunjung pameran GIIAS 2022 di hari libur

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur
Terpopuler: Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan, Alasan Orang Mudik Naik Mercedes-Benz

Jika mobil yang dipesan unitnya tersedia sesuai tipe dan warna pilihan, maka langkah selanjutnya dapat membayar DP jika membeli secara kredit, untuk diajukan faktur penjualan kendaraan. 

Setelah itu ada proses dengan pihak ketiga, atau leasing, di mana konsumen wajib menyiapkan persyaratan kredit mobil baru untuk menjalankan proses survei hingga pengajuan kredit disetujui oleh perusahaan pembiayaan. 

Biasanya proses survei akan ada seseorang yang datang ke tempat tinggal dari pihak leasing, untuk melihat langsung status dari kediaman calon debitur. Selain itu mengisi formulir sesuai data diri, hingga menyerahkan selip gaji.

Bahkan Menurut tim survei dari salah satu lembaga leasing, usahakan pendapatan per bulan tiga kali lipat lebih besar dari cicilan mobil yang diajukan. Hal itu bertujuan agar mencegah kredit macet.

“Kalau sudah menikah dan sama-sama kerja bisa digabungkan pendapatan suami istri. Kalau tempat tinggal masih ngontrak enggak begitu pengaruh,” kata salah satu petugas leasing yang enggan dicantumkan namanya, dikutip VIVA Rabu 14 September 2022.

Jika sudah diloloskan oleh perusahaan pembiayaan, tahap selanjutnya berdasarkan keterangan Auto200 tinggal menunggu pengiriman unit jika ready stok. Setelah itu menyusul pengiriman STNK, dan pelat nomor mobil dikeluarkan oleh pihak kepolisian. 

Apabila unit ready stock, maka mobil dapat segera diantarkan begitu urusan administrasi selesai. Ingat untuk selalu melakukan pembayaran atau transfer ke rekening resmi Auto2000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya