Hyundai Stargazer Belum Mampu Menyaingi Avanza dan Xpander

Hyundai Stargazer
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan Hyundai Stargazer. Mobil tersebut diproduksi di pabrik PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Gaji Megawati Hangestri Naik Jadi Rp2,4 Miliar per Musim di Red Sparks, Kebeli Avanza Tiap Bulan

Produsen mobil Hyundai itu resmi merilis harga Hyundai Stargazer di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS, pada 11 Agustus 2022 di ICE BSD, Tangerang.

Mobil 7 penumpang itu dibekali mesin empat silinder 1.497cc dengan sistem pengabutan injeksi. Mesin tersebut dapat menyemburkan tenaga 115 PS di 6.300 rpm, dan torsi 144,1 Nm di 4.500 rpm.

Daftar Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Baru April 2024

Tenaganya disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan, dan matik IVT (Intelligent Variable Transmission) ke roda depan.

Mobil Low MPV, atau Multi Purpose Vehicle pendatang baru itu ditawarkan dalam enam varian, harganya mulai dari Rp243,300 juta untuk tipe Active manual, sampai Rp307,100 tipe Prime IVT.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Secara harga cukup bersinggungan dengan All New Veloz, namun Stargazer tipe menengah, dan tertinggi serupa dengan banderol Mitsubishi Xpander sebagai pesaingnya.

Demi menarik perhatian konsumen, mobil buatan merek H miring itu dilengkapi sejumlah fitur kekinian. Seperti SmartSense untuk sistem keamanan, dan Bluelink sebagai sistem konektivitas mobil dengan smartphone.

Bermodal fitur lebih canggih dari pesaingnya, hingga desain futuritis ternyata belum cukup untuk anak baru itu bisa menyaingi pemain lama seperti All New Toyota Avanza, Veloz, dan Mitsubishi Xpander.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo, pengiriman unit Stargazer dari pabrik ke diler di Agustus 2022 hanya 3.955 unit, tipe Prime 6-seater paling banyak didistribusikan.

Toyota All New Avanza dan All New Veloz di GIIAS 2021.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Sedangkan penjualan wholesales Toyota Avanza baru, 5.073 unit, secara terpisah All New Veloz 2.431 unit. Artinya jika digabung, pendistirbusian kedua Low MPV andalan Toyota itu tembus 7.504 unit di bulan lalu.

Dengan begitu Avanza-Veloz masih menjadi mobil keluarga terlaris di Indonesia, kemudian diikuti Mitsubishi Xpander yang terjual 5.212 unit di mana tipe tertinggi, atau Ultimate CVT 3.628 unit.

Daftar Low MPV terlaris Agustus 2022:

Toyota Avanza-Veloz: 7.504 unit

Mitsubishi Xpander: 5.212 unit

Hyundai Stargazer: 3.955 unit

Daihatsu Xenia: 1.873 unit

Suzuki Ertiga (termasuk hybrid): 1.085 unit

Wuling Confer S: 947 unit

Nissan Livina: 50 unit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya