Merokok di Pesawat, Ini Koleksi Mobil Said Abdullah

Toyota Alphard
Sumber :
  • Dok: Toyota

VIVA Otomotif – Nama Said Abdullah yang menjabat sebagai Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, tengah menjadi perbincangan usai menyatakan sepakat, dalam penghapusan daya listrik 450 volt ampere (VA) untuk rumah tangga. 

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran

Ia juga jadi perbincangan, usai sebuah video yang memuat dirinya viral di media sosial. Said Abdullah saat itu bersama dengan beberapa orang tengah merokok di dalam kabin pesawat pribadi.

Hal lain yang tidak kalah menarik, yakni saat melihat koleksi mobil pribadinya. Dikutip dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara,  Minggu 18 September 2022, di garasi rumah Said Abdullah terdapat dua unit mobil yang bisa memenuhi kebutuhan mobilitasnya.

Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan

Mobil pertama, Toyota Fortuner tahun 2016 dengan kisaran harga mencapai Rp490 juta, dan mobil kedua Toyota Alphard tahun 2016 yang harganya sekitar Rp1.200.000.000.

Toyota Fortuner

Photo :
  • Istimewa
Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya

Seperti diketahui, Toyota Fortuner diciptakan dengan mengusung platform IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle), alias gabungan dari DNA HiLux dan Kijang Innova, awalnya SUV tersebut hadir dalam bentuk impor utuh atau CBU dari Thailand.

Namun pada awal 2007, Toyota Fortuner sudah dirakit secara Completely Knock-Down (CKD) di Indonesia. TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) akhirnya mulai merakit Fortuner di Karawang dan sudah mengandung 45% komponen lokal.

Meski mendapat respons positif, banyak yang mengeluhkan borosnya konsumsi bahan bakar Toyota Fortuner dengan mesin bensin. Akhirnya pada tahun 2007 Toyota Fortuner Diesel dengan mesin 2KD-FTV diperkenalkan meski awalnya hanya ditawarkan dalam satu varian, 2.5 G M/T Diesel.

Sementara itu, Sejarah Toyota Alphard memang sangat menarik untuk dibahas. Merupakan MPV besar dan mewah, Alphard hadir pertama kali pada tahun 2002. Dari gambaran mobil alphard dengan desain yang berbentuk kotak, sangat jelas bahwa target pasarnya adalah Jepang yang memang doyan van boxy.

Namun, rupanya tak hanya dipasarkan di Jepang saja, mobil mewah ini juga mendapat sambutan baik di beberapa negara. Negara yang juga menjual Alphard yaitu Malaysia, Singapura, Hongkong juga Indonesia. Dalam perkembangannya, Alphard telah mencapai tiga generasi dengan penyegaran di setiap generasinya. Baik dari kelengkapan maupun dari segi desain.

Secara umum, Alphard memiliki pilihan 7-seater dan 8-seater dengan opsi mesin 2,4 liter dan 3,0 liter. Nah pada generasi kedua, barulah Alphard menawarkan mesin dengan V6 3,5 liter. Selain itu Alphard juga terbagi menjadi varian G, V dan Hybrid. Varian Hybrid ini bukan sepenuhnya atau semi hybrid. Dalam sistem penggeraknya, Alphard memiliki pilihan penggerak roda depan maupun empat roda AWD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya