Mengejutkan, Ini Deretan Mobil Mewah Gubernur Papua Lukas Enembe

Gubernur Papua, Lukas Enembe
Sumber :
  • ANTARA News Papua/HO-Humas Pemprov Papua

VIVA Otomotif – Gubernur Papua Lukas Enembe menjadi sorotan, lantaran PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan), menemukan adanya sejumlah transaksi di sebuah kasino senilai Rp560 miliar dalam periode tertentu.

Pompa Bensin Jimny Bermasalah, Suzuki Tidak Sendirian

Lukas Enembe juga ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), sejak 2020 atas dugaan suap, dan gratifikasi di Papua. Tapi lembaga anti rasua itu belum membeberkan detail perkara yang menjerat dirinya.

Toyota Luncurkan New Land Cruiser 200

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
Toyota Innova Terbaru Resmi Meluncur dengan Harga Rp400 Jutaan

Sampai saat ini politisi Partai Demokrat tersebut masih menghirup udara bebas, dan kembali mangkir dari panggilan KPK di bulan ini. Di luar itu, jika melihat dari kekayaan yang dimilikinya, orang nomor satu di Jaya Pura tergolong pejabat tajir.

Berdasarkan data LHKPN, atau laporan harta kekayaan penyelenggara negara periode Maret 2022, Gubernur Papua itu memiliki kekayaan Rp33,784 miliar. Aset terbesarnya kas, dan setara kas senilai Rp17,985 miliar.

Kasus Flexing, Eks Kepala Bea Cukai DIY Eko Darmanto Bakal Didakwa Terima Gratifikasi Rp10 Miliar

Kemudian tanah, dan bangunan yang tersebar di Kota Jayapura mencapai Rp13,604 miliar. Sebagian hartanya juga disisihkan untuk membeli kendaraan, tercatat ada empat unit mobil mewah di dalam garasi rumahnya.

Jika diurutkan dari yang termurah, pertama ada Toyota Camry lansiran 2010 harganya ditaksir Rp85 jutaan, Honda Jazz 2007 nilainya Rp150 juta, dan Toyota Fortuner dengan tahun produksi 2007 harganya Rp300 juta.

Paling mahal adalah Toyota Land Cruiser lansiran 2010. Mobil SUV, atau Sport Utility Vehicle kelas premium tersebut dibanderol Rp396 jutaan.

SUV yang berstatus impor dari Jepang tersebut adalah Land Cruiser 200, pertama kali hadir pada tahun 2000. Mobil tersebut memiliki desain lebih moderen dibandingkan versi sebelumnya, dan fitur-fiturnya lebih canggih.

Dipersenjatai mesin diesel delapan silinder, atau V8 berkapasitas 4.608cc turbo. Tenaga maksimalnya mencapai 314 dk, dan torsi 460 Nm. Disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan dengan penggerak empat roda.

Land Cruiser memiliki panjang hampir lima meter atau 4.950 mili meter, lebar 1.970 mm, tinggi 1.905 mm, dan jarak poros rodanya 2.850 mm. Dengan dimensi tersebut, tentu ruang kabin penumpang dan bagasi sangat luas untuk sekelas SUV. 

Penerangan utamanya sudah LED projektor dengan desain 3D. Sebagai pemanis rumah lampu depannya dilengkapi DRL (daytime running light). Bukan hanya itu, lampu kabut di bawah bumper berteknologi LED, pun dengan lampu belakang.

Sistem pengeremannya depan belakang disk brake, dengan piringan berukuran 17 inci. Yang dilengkapi ABS (Anti-Lock Braking System) agar saat pengereman mendadak tidak tergelincir, lalu EBD (Electronic Brake Distribution), dan BA (Brake Assist). 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya