Ditangkap KPK, Jangan Kaget Lihat Koleksi Mobil Hakim Agung MA

Hakim Agung, Sudrajad Dimyati yang ditangkap KPK
Hakim Agung, Sudrajad Dimyati yang ditangkap KPK
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Otomotif – KPK menetapkan status tersangka kepada 10 orang atas dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA). Diantaranya Hakim Agung Sudrajad Dimyati, dan Hakim Yustisial, atau Panitera Pengganti Elly Tri Pangestu.

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan, penetapan tersangka merupakan hasil gelar perkara OTT, atau operasi tangkap tangan di Jakarta, dan Semarang pada 21-22 September 2022.

Adapun Hakim Agung Sudrajad Dimyati menjadi salah satu orang yang menerima suap terkait upaya kasasi di MA, atas putusan pailit Koperasi Simpan Pinjam Intidana.

Honda Mobilio

Honda Mobilio

Photo :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

Di luar dari kasusnya tersebut, Sudrajad cukup rajin melaporkan harta kekayaannya kepada negara setiap tahun. Berdasarkan data yang dikantongi KPK, kekayaannya pada periode Maret 2022 mencapai Rp10 miliaran.

Melalui LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), dari angka tersebut aset terbesarnya adalah uang tunai, atau kas dan setara kas Rp8 miliaran. Kemudian tanah dan bangunan senilai Rp2 miliaran.

Sementara alat transportasi yang dimilikinya tergolong sederhana, tercatat hanya ada satu unit motor, dan satu unit mobil secara total nilainya hanya Rp200 jutaan.

Motor yang dimaksud adalah Honda Vario lansiran 2011 seharga Rp9 juta, dan mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle Honda buatan 2017 yang harganya ditaksir Rp200 juta.

Tidak disebutkan nama model, atau tipe dari mobil tersebut. Namun jika berkaca dari kondisi bekasnya di tahun ini masih menyentuh harga tersebut, dugaannya adalah Honda Mobilio tipe tertinggi, meski terlalu mahal.

Mengutip dari beberapa platform jual beli online, harga Mobilio RS dengan tahun produksi 2017 hanya Rp150-160 jutaan. Sedangkan MPV lain Honda yang masih diproduksi pada saat itu dan dijual di RI hanya Odyssey.

Tapi harga bekas Odyssey masih Rp500 jutaan, kemudian mobil lain yang kategorinya serupa dengan data di LHKPN ada Honda Freed. Tapi MPV pintu geser itu terakhir dijual pada 2015, kini harga bekasnya Rp180-200 juta.

Untuk menyasar segmen Low MPV, Honda meluncurkan Mobilio pada 2013. Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang merilis mobil tersebut, memanfaatkan platform Honda Jazz, dengan mesin 1.500cc.