Daftar Mobil Listrik yang Masuk Katalog Pemerintah

Interior Wuling Air ev
Interior Wuling Air ev
Sumber :
  • Dok: Wuling Motors

VIVA Otomotif– Mobil listrik dianggap menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki kualitas udara di Indonesia, sekaligus mengurangi anggaran negara untuk subsidi bahan bakar minyak yang harganya semakin melambung.

Presiden Jokowi belum lama ini juga mengeluarkan Instruksi Presiden nomor 7 tahun 2022, yang isinya meminta lembaga dan instansi pemerintah untuk secara bertahap mengganti kendaraan dinas dengan motor dan mobil listrik berbasis baterai.

Brand and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani mengaku bahwa sejak terbitnya Inpres tersebut ada beberapa instansi pemerintah maupun swasta yang menghubungi pihaknya.

“Ada beberapa instansi yang menghubungi sesudah Inpres itu terbit,” ujarnya di Jakarta, dikutip Kamis 22 September 2022.

Mobil listrik Wuling Air ev di katalog elektronik LPSE

Mobil listrik Wuling Air ev di katalog elektronik LPSE

Photo :
  • Tangkapan layar

Sebelum adanya Inpres itu, beberapa kepala daerah diketahui sudah menggunakan mobil listrik Hyundai Ioniq sebagai kendaraan dinas mereka. Mulai dari Bupati Sumenep, Achmad Fauzi; Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo hingga Bupati Konawe Utara, Ruksamin.

Lantas, mobil listrik apa saja yang sudah tersedia di Indonesia dan bisa dibeli oleh instansi maupun lembaga pemerintah untuk mendukung Inpres terbaru tersebut?

Dari hasil penelusuran VIVA di laman Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Jumat 23 September 2022, instansi dan lembaga yang hendak membeli mobil listrik bisa melihat daftarnya di Layanan Pengadaan Secara Elektronik.

Dari katalog yang tersedia, diketahui sampai saat ini baru ada tiga model mobil listrik khusus penumpang yang tersedia. Pertama yakni Wuling Air ev, yang baru diperkenalkan secara resmi di pameran GIIAS 2022 bulan Juli lalu.

Mobil listrik berukuran mungil ini ditawarkan di katalog elektronik LPSE, dengan harga mulai dari Rp237 jutaan untuk wilayah DKI Jakarta.

Mobil kedua yaitu DFSK Gelora E, dengan banderol Rp572 jutaan di DKI Jakarta. Selain minibus, kendaraan ini juga hadir dalam varian blind van.

Terakhir adalah Nissan Leaf, mobil listrik yang pernah jadi paling laris di dunia. Generasi terbarunya dijual dengan harga Rp720 jutaan di katalog LPSE.