Ini Mobil Pengangkut Barang Favorit di Dunia

Ilustrasi gambar mobil van Volkswagen Buzz Cargo
Ilustrasi gambar mobil van Volkswagen Buzz Cargo
Sumber :
  • Volkswagen

VIVA Otomotif – Saat ini mobil berjenis van mulai digandrungi oleh para pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan kendaraan jenis ini berguna untuk mengangkut barang atau orang dalam jumlah kecil.

Dalam ajang "Car of The Year" ada salah satu kategori untuk mobil jenis tersebut yang diberi nama "Van of the Year Internasional" untuk tahun 2023. Banyak para produsen khususnya menghadirkan mobil van ikut kategori tersebut.

Dikutip VIVA dari Carscoops, Jum'at 23 September 2022, untuk pemenangnya dari merek dagang Volkswagen dengan model Buzz Cargo. Kendaraan tersebut dipilih dari juri yang terdiri dari 24 ahli di bidang mobil van. 

Ilustrasi gambar interior mobil van Volkswagen Buzz Cargo

Ilustrasi gambar interior mobil van Volkswagen Buzz Cargo

Photo :
  • Volkswagen

Mobil Buzz Cargo ini mendapatkan 110 poin, membuatnya unggul 10 poin dari saingannya Blue Oval, Ford Pro E-Transit baru. Posisi terakhir di podium ditempati oleh Renault Kangoo E-Tech, Nissan Townstar Zero-Emission dan Mercedes-Benz eCitan.

Diketahui, semua mobil yang masuk kategori tersebut sudah bertenaga EV atau Electric Vehicle. Jadi bisa dikatakan bahwa perkembangan mobil listrik tidak hanya dari model MPV dan SUV saja, tetapi kendaraan komersial juga mulai bermesin listrik.

Ketua IVOTY, Jarlath Sweeney mengatakan kompetisi tahun ini diberikan kepada van listrik, sebuah pengingat bahwa revolusi EV tidak hanya mengubah pasar mobil penumpang, tetapi juga pasar van. Banyak dari konsumen yang menggunakan kendaraan jenis ini untuk menunjang bisnisnya.

"Selamat kepada tim desain Kendaraan Komersial Volkswagen dalam menciptakan kendaraan unik yang sempurna untuk lingkungan perkotaan yang sadar lingkungan. Ini tentu membuat pernyataan dengan gaya futuristik dan keren," ujar Jarlath.

Secara spesifikasi, Buzz Cargo ini menggunakan platform listrik Group MEB yang sama dengan saudaranga yakni ID.3 hatch, ID.4 crossover dan ID. Minivan Buzz. Mobil ini bertenaga listrik dan menggunakan baterai lithium-ion 82 kWh yang menghasilkan tenaga 204 daya kuda disalurkan penggerak roda belalang.

Belum banyak spesifikasi teknis yang bisa diketahui dari mobil van satu ini. Tetapi, salah satu kelebihan dari VW.ID Buzz Van adalah memiliki desain yang aerodinamis.