Cuma 11 Hari, Lebih dari 1.500 Kendaraan Listrik Terjual di RI

Kia EV6 di area test drive GIIAS 2022
Kia EV6 di area test drive GIIAS 2022
Sumber :
  • Seven Event

VIVA Otomotif – Mobil listrik menjadi salah satu solusi untuk menuju langit biru, namun populasinya di Indonesia belum sebanyak kendaraan bermesin bahan bakar. Hal wajar, karena teknologi baru dan produk yang dipasarkan masih terbatas.

Demi menarik minat masyarakat terhadap mobil listrik, Gabungan Industrri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo menggelar pameran selama 11 hari yang cukup fokus menyajikan serbaserbi kendaraan listrik.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan, kendaraan listrik seperti HEV (Hybrid Electric Vehicle), PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), BEV (Battery Electric Vehicle), hingga hydrogen adalah kendaraan masa depan yang keberadannya semakin nyata.

Menurutnya, ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS yang sudah berlangsung di BSD, Tangerang pada 11-21 Agustus 2022, menjadi bukti eksistensi kendaraan masa depan terhadap masyarakat, atau pengunjung pameran.

Selama 11 hari penyelenggaraannya, Nangoi menyebut telah terjual 1.594 unit kendaraan bermotor listrik, termasuk didalamnya 320 kendaraan bermotor hybrid, dan 1274 unit kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB/BEV).

“Penjualan selama 11 hari tersebut melampaui total penjualan kendaraan bermotor listrik sepanjang tahun 2021,” ujar Nangoi dikutip dari keterangan resminya, Senin 26 September 2022.

Tidak ada keterangan terkait model, atau merek terlaris. Namun seperti diketahui, ada beberapa mobil ramah lingkungan yang sudah dijual pada saat itu, untuk kategori BEV ada Hyundai Ioniq 5, Wuling Air ev, Lexus EX-300e.